Rektor Tolong Catat! Jokowi Minta Kampus Cetak Mahasiswa Unggul Agar RI Bisa Mendahului Negara Lain

Oleh : Candra Mata | Selasa, 27 Juli 2021 - 14:40 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Konfrensi Forum Rektor 2021 secara virtual mengungkapkan bahwa rangkaian disrupsi yang terjadi saat ini yang disebabkan oleh revolusi industri 4.0 dan pandemi Covid-19 telah memunculkan banyak pengetahuan baru yang dikembangkan oleh lembaga peneliti dan praktisi.

Tak hanya itu, menurutnya, bidang pekerjaan baru juga terus bermunculan. 

Untuk itu dirinya berharap agar para Rektor di Indonesia dapat membentuk mahasiswa dengan beragam ilmu pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan zaman.

"Karena itulah melalui Konferensi Forum Rektor Indonesia 2021, saya berharap agar lembaga pendidikan tinggi menyiapkan mahasiswa menguasai pengetahuan dan keterampilan yang relevan untuk zamannya," ujar Jokowi seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari keterangannya fi akun Instagram @Jokowi pada Rabu (27/7/2021).

Selain itu, Ia juga meminta agar kampus-kampus dapat melakukan peremajaan secara fisik maupun non fisik.

"Saya meminta perguruan tinggi yang usianya sudah tua untuk segera melakukan peremajaan diri, peremajaan kurikulum dan sistem pembelajaran, peremajaan manajemen dan perilaku, agar tetap tangguh dan kompetitif di dunia yang baru," tandasnya.

"Sementara bagi perguruan tinggi yang masih muda, ini kesempatan emas karena tidak terbebani untuk membuang tradisi kerja masa lalu," sambung Jokowi.

Selanjutnya, Kepala Negara juga meminta agar perguruan tinggi dapat betul-betul mencetak lulusan yang berdaya saing yang mampu membawa Indonesia pada kemajuan bahkan unggul dari negara-negara lain di Dunia.

"Saya harap perguruan tinggi lebih progresif dalam membangun cara kerja baru untuk menyiapkan masa depan para mahasiswa kita," kata Jokowi.

"Dan untuk menyiapkan Indonesia mendahului negara-negara lain," pungkasnya.