Benarkah Minum Air Lemon Hangat dapat Menurunkan Berat Badan? Ini Faktanya!

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 21 Juli 2021 - 10:30 WIB

INDUSTRY.co.id - Minum air hangat dengan perasan lemon kini tengah populer bagi mereka yang sedang menjalani diet ketat dan mulai menjalani hidup sehat. Sebab, minuman tersebut dipercaya untuk menurunkan berat badan. 

Tetapi, apakah benar lemon hangat dapat membantu menurutkan berat badan?

Dilansir dari laman Indianexpress, meskipun lemon sumber vitamin C dan dapat membantu pencernaan. Namun, jika mengasumsikan bahwa secangkir air hangat dan perasan lemon dapat membakar lemak, itu adalah mitor. Hal tersebut diungkapkan oleh ahli gizi selebriti Kinita Kadakia Patel.

"Jika kehilangan lemak semudah menambahkan lemon ke air panas, mitos yang perlu ditangkap!" tulis dia dalam akun Instagramnya @kskadakia.

Menurut Healthline, air lemon tidak lebih baik daripada air biasa dalam hal penurunan berat badan. Namun, air lemon dapat digunakan sebagai pengganti rendah kalori dan menggantikan minuman berkalori tinggi. Cara ini dipercaya dapat berpotensi membantu penurunan berat badan.

Lebih lanjut, menurut studi yang dilakukan di masa lalu telah menemukan bahwa lemon dapat meningkatkan metabolisme, sehingga mendukung penurunan berat badan. Untuk menjaga berat tubuh lebih ideal, minumlah segelar air lemon di pagi hari untuk menjaga berat badan Kamu.

Adapun manfaat kesehatan lainnya dari air lemon, yakni membuat kamu tetap terhidrasi. Pada bulan-bulan musim dingin, orang cenderung lupa utuk minum air yang dapat menyebabkan dehidrasi. Nah, air lemon dapat disimpan dalam botol dan diminum sepanjang hari untuk menjaga Kamu agar tetap terhidrasi.

Selain itu minuman ini juga bekerja untuk kulit kesehatan dan kecantikan kulit. Menurut outlet, vitamin C dalam lemon mengurangi kerusakan pada kulit seperti, kulit kering, penuaan dni dan kerusakan akibat paparan sinar matahari.  

Kemudian, bagi sebagian orang segelas air lemon hal pertama di pagi hari yang dipercaya sebagai pencahar. Sebab, lemon mengandung rendah kalori dan membantu mengatasi sembelit dan membuat sistem pencernaan lebih lancar.