Kolaborasi Kemenkop UKM dan Shopee Beri Wadah Promosi UKM di Masa Pandemi Lewat Program Live Shopping Produk UKM

Oleh : Hariyanto | Kamis, 15 Juli 2021 - 10:55 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sektor ekonomi digital dinilai mampu menjadi solusi bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk bertahan di masa pandemiCovid-19. Terbukti ekonomi digital justru tumbuh signifikan, ditandai dengan banyaknya Usaha Kecil Menengah yang masuk ke ekosistem digital.

Para pelaku usaha pun semakin menyadari manfaat digitalisasi dalam berbisnis, terlebih di masa yang mengharuskan kita mengurangi mobilitas, tatap muka dan bersentuhan.

Menyadari hal ini, sejak tahun lalu Kemenkop UMKM/UKM berkolaborasi bersama marketplace Shopee dalam menggelar sebuah program inisiasi menarik. Program yang diberi nama Live Shopping Produk UKM ini merupakan program belanja online yang ditekankan pada subsektor Kuliner, Fesyen & Kriya, serta Kesehatan & Kecantikan.

Upaya Kementerian Koperasi dan UKM ini tidak hanya bertujuan sebagai wadah atau ajang promosi produk UKM agar dapat bangkit di masa pandemi ini, tapi juga memiliki perhatian khusus terhadap pembinaan SDM dan askes pasarnya.

"Mendorong digitalisasi adalah salah satu prioritas Kementerian Koperasi dan UKM agar dapat berperan lebih strategis dalam perekonomian nasional.  Selama pandemi, ekonomi digital tumbuh positif 38% dan terjadi penambahan lebih dari dua juta UKM masuk ke ekosistem digital," kata Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (15/7/2021).

"Upaya untuk mendorong digitalisasi koperasi dan UKM dilakukan antara lain melalui peningkatan kapasitas SDM yang meliputi bimbingan teknis & pendampingan,  peningkatan proses digitalisasi bisnis, serta perluasan akses pasar melalui on-boarding di marketplace dan bantuan pemasaran melalui program Live Shopping Produk UKM ini," imbuh Menkop Teten.

Shopee, sebagai wadah pemasaran dan penjualan produk UKM di nusantara, mendukung penuh program ini dengan ambil bagian di setiap tahapannya. Ketiga sektor yang menjadi penekanan pada Live Shopping Produk UKM ini, mempunyai nama masing-masing seperti Festival Adiwarna ( Fesyen ), Kolaborasa ( Kuliner ), Kirana ( Kesehatan & Kecantikan ).

Program Live Shopping Produk UKM yang akan berlangsung pada hari Rabu, 21 Juli 2021 ini merupakan sebuah live virtual event yang dapat disaksikan melalui kanal YouTube Kemenkop dan Shopee Live.

Bagi para pelaku UKM yang ingin berpartisipasi dalam program ini, ada tahapan-tahapan yang perlu diikuti selama rangkaian acara sebelum tanggal 21 Juli. Yaitu tahap kurasi, lalu mengikuti bimbingan on board di Shopee, kemudian akan dipromosikan di landing page Shopee Pilih Lokal. Seluruh tahapan tersebut berlangsung dari tanggal 5 sampai 21 Juli 2021.

Aneka aktivitas menarik pun sudah dirancang untuk program Live Shopping Produk UKM. Sebut saja Ngobrol dan Ngobral. Ngobrol adalah acara talkshow bersama Kemenkop UKM dan salah satu speakers webinar yang dipandu oleh moderator. Sementara Ngobral, adalah program review dan jualan produk UMKM yang diarahkan langsung menuju landing page marketplace bersama Influencer.

"Shopee terus berkomitmen menyelenggarakan program ini bersama Kemenkop UKM Republik Indonesia, sampai saat ini sudah memasuki tahun ke-2. Tentunya dengan harapan digitalisasi bisnis dapat terus diterapkan oleh semakin banyak pelaku UMKM di negeri ini," ujar Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia.

"Oleh karena itu, ekosistem dan SDM digital di dalam masyarakat harus terus dirangsang oleh program-program seperti ini. Ini merupakan wujud nyata Shopee dalam mendukung perkembangan bisnis digital di Indonesia. Kami optimis, masa pandemi dapat dijadikan momentum untuk membangkitkan perekonomian dengan UKM sebagai kuncinya," ungkapnya.