Ini Kisah Susu Mbok Darmi, Dari Kantin Kampus Kini Miliki 36 Outlet dan 130 Karyawan

Oleh : Hariyanto | Senin, 05 Juli 2021 - 15:55 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Industri minuman kekinian di Indonesia yang booming dalam beberapa tahun terakhir banyak menawarkan jenis minuman berbahan dasar kopi atau teh. Menolak mengikuti arus, Dhony Pratama (27 tahun) memutuskan untuk mengembangkan minuman kekinian berbahan susu pasteurisasi dengan brand Susu Mbok Darmi.

Dari hanya satu outlet di kantin kampus, kini susu Mbok Darmi berkembang pesat menjadi 36 outlet dan 130 karyawan.
 
Di tengah kesibukannya mempersiapkan partisipasi Susu Mbok Darmi dalam kampanye ShopeePay 7.7, CEO & Founder Susu Mbok Darmi Dhony Pratama  membagikan kisah suksesnya dalam membangun bisnis susu kekinian ini. 

Berawal dari outlet sederhana di kantin kampus IPB
Sebelum viral, siapa sangka kisah sukses Susu Mbok Darmi berawal dari ide sederhana Dhony untuk menambah uang jajan saat kuliah. Dhony yang kala itu berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor, melihat peluang bisnis susu dari ilmu peternakan yang dipelajari.

“Saat pertama memulai, saya ingin produk yang kami tawarkan bisa menjangkau pasar dengan cepat. Oleh karena itu, kami memilih pasar yang sudah jadi seperti kantin kampus di mana target pasarnya sudah terbentuk, yaitu mahasiswa,” kata Dhony yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (5/7/2021).

Nama “Mbok Darmi” dipilih sebagai merek karena terdengar sederhana dan Indonesia banget. Tak hanya pada nama, Susu Mbok Darmi juga tampil dengan slogan yang nyeleneh. Kombinasi dua hal tersebut berkontribusi pada pesatnya kenaikan popularitas Susu Mbok Darmi di awal kemunculannya.

Digitalisasi bisnis mengikuti perkembangan zaman 
Di awal kemunculan Susu Mbok Darmi, layanan pembayaran digital belum sepopuler sekarang. Namun, seiring meningginya adopsi layanan digital oleh masyarakat Indonesia, Susu Mbok Darmi juga melakukan digitalisasi bisnis dengan menggunakan layanan pembayaran digital ShopeePay. 

Dari segi marketing, Susu Mbok Darmi secara jeli memanfaatkan kampanye tanggal cantik dari pembayaran digital ShopeePay.

“Penjualan kami bisa meroket hingga 36% saat mengikuti kampanye tanggal cantik dari ShopeePay. Konsumen yang umumnya membeli satu minuman jadi membeli lebih banyak, berkat promo tanggal cantik yang diberikan ShopeePay dan juga paket bundling yang kami tawarkan,” kata Dhony.