OJK Sambut Positif Kehadiran UangTeman di Lampung

Oleh : Hariyanto | Jumat, 19 Mei 2017 - 16:12 WIB

INDUSTRY.co.id - Bandarlampung, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyambut positif kehadiran UangTeman sebagai layanan keuangan berbasis teknologi (financial technology/fintech) di Lampung. Untung Nugroho, Kepala OJK Lampung mengatakan, adanya UangTeman akan mampu mendorong pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang selama ini masih kesulitan memperoleh akses ke lembaga keuangan, seperti perbankan maupun perusahaan pembiayaan lainnya.

Untung menuturkan, penyaluran pinjaman uang secara online dan tanpa jaminan yang dilakukan UangTeman diharapkan menjadi jawaban bagi kebutuhan masyarakat Lampung yang sedang membutuhkan modal usaha. Ia menilai, UangTeman yang juga menjadi layanan pinjaman uang online yang pertama di Lampung dan sangat diperlukan dewasa ini untuk memberikan solusi bagi masyarakat agar tidak perlu meminjam kepada tengkulak.

“Kami senang dengan hadirnya UangTeman di Lampung, ini sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi masyarakat. Memang UKM di Lampung sudah terfasilitasi oleh bank umum, namun seringkali masih sulit memperoleh akses karena adanya jaminan. Kehadiran UangTeman tentu memudahkan UKM untuk memperoleh pembiayaan dan juga dapat membantu OJK dalam mempercepat pertumbuhan inklusi maupun literasi keuangan di Indonesia,” ujar Untung di kantornya, Bandarlampung, Selasa (16/5/2017).

Aidil Zulkifli, CEO & Founder UangTeman, menjelaskan bahwa Lampung merupakan wilayah kedua di Pulau Sumatera yang dilayani UangTeman setelah Palembang. Aidil menerangkan, saat ini UangTeman akan fokus terlebih dahulu dalam menyalurkan pinjaman uang online di Kota Bandarlampung dan sudah dapat diakses oleh masyarakat kota setempat per 1 Mei 2017.

Menurut dia, langkah ekspansi ini terus digiatkan guna mewujudkan perekonomian masyarakat Indonesia yang lebih baik. Untuk tahun 2017, dia mengharapkan, total ada sebanyak 15 kota baru yang dilayani UangTeman sehingga percepatan kebutuhan masyarakat terhadap modal usaha mikro dapat terpenuhi dan tercipta pemerataan kesejahteraan.

“Di Lampung, kami targetkan dapat menyalurkan pinjaman sekitar Rp 5 miliar sampai akhir tahun ini, atau kontribusinya sebesar 5% dari total target secara nasional yang mencapai Rp 100 miliar. Selama dua tahun UangTeman berdiri di Indonesia, dari Lampung sudah ada sekitar 1.000 aplikasi pinjaman yang masuk di sistem kami tetapi harus kami tolak karena belum dapat dilayani,” terangnya.

Aidil berharap, UangTeman mampu berkontribusi untuk mendongkrak tumbuhnya sektor UKM di Lampung dan di seluruh Indonesia. Alasannya, karena dari data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, menyebutkan bahwa kontribusi sektor UKM kepada pertumbuhan ekonomi nasional mencapai sebesar 58,92% terhadap PDB dengan jumlah pelaku UKM sebanyak 57,9 juta unit.

Sementara itu, Donna Arifin, Director of Marketing and Communications UangTeman, menjelaskan masyarakat di Bandarlampung sudah dapat mengajukan aplikasi pinjamannya dengan mengakses di website uangteman.com atau dengan mengunduh aplikasi mobile UangTeman baik di Play Store maupun App Store. Khusus selama pembukaan akses layanan di Lampung, terangnya, masyarakat diberikan diskon spesial biaya layanan sebesar 50% sampai akhir Mei 2017 dengan memasukkan kode promo LAMPUNGMEDIA.

“Caranya mudah dan persyaratannya tidak ribet. Tinggal isi data sesuai dengan KTP, kemudian upload foto selfie, foto copy KTP, dan foto copy slip gaji atau yang wiraswasta berupa surat keterangan usaha dari RT/RW. Pengisiannya tidak sampai lima menit, tunggu verifikasi dan jika teknologi kami menyetujuinya maka paling lambat dua hari kerja uang sudah masuk ke rekening tabungan,” tambah Donna.