Chef India Ini Berikan Tips Mengupas Bawang Putih yang Praktis dan Cepat

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 22 Juni 2021 - 14:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Terkadang ketika memasak mempersiapkan bumbu-bumbu adalah hal yang menyita waktu misalnya saat mengupas bawang putih. Pertama harus mengupas, lalu mencuci hingga bersih lalu dipotong. 

Bagi Kamu yang suka kerepotan dalam mengupas bawang putih, ada cara praktis dan cepat sehingga memudahkan Kamu untuk mengupas bawang putih dalam jumlah banyak untuk stok bumbu dapur di rumah. 

Dilansir dari laman Indianexprss, baru-baru ini chef Saransh Goila berbasis India memberikan tips mudah dan efektif mengupas bawang putih ketika memasak. "Mengupas bawang putih selalu menjadi perdebatan. Banyak yang merasa sulit mengupas bawang karena ukuran bawang putih dan berapa banyak yang ingin kupas," katanya.

Berikut tips cara mengupas bawang putih dengan cepat dan praktis.

Micorwave

Masukan seluruh bawang putih lalu beri waktu 20 detik untuk dipanggang. Manfaat memanggang bawang putih memudahkan memotong dan mengupas bawang tersebut meski bawang putih nampak sedikit lebih matang. 

Kocok di dalam wadah tertutup

Ini adalah salah satu cara yang paling viral di media sosial yakni mengocong bawang putih di dalam wadah tertutup, shaker, maupun toples. "Cara ini dipercaya dapat mengupas bawang putih ukuran besar, sayang tidak berhasil untuk bawang putih ukuran kecil," tuturnya.

Pisau

Cara ketiga yakni menekan dengan pisau. "Ini adalah metode klasik yang umum diajarkan waktu kecil namun, cara ini ampuh sekali jika Kamu ingin cara cepat mengupas bawang putih," jelasnya.