Viral di Medsos! Uskup Mandagi Dua Kali Lolos dari Rencana Serangan Bom Bunuh Diri Teroris

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 03 Juni 2021 - 08:56 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Sebuah pesan dari Mgr. PC Mandagi beredar luas di berbagai grup watshap (WA). Dikatakan dalam WA itu bahwa pesan tersebut berasal dari Mgr. Mandagi, ditujukan kepada Kardinal Suharyo. WA memuat pemberitahuan atau laporan Mgr. Mandagi kepada Kardinal tentang dua kali rencana pembunuhan atas dirinya melalui rencana bom bunuh diri. Tulis Mandagi, “Ada dua kali pencobaan pembunuhan”.

Mengutip tempusdei.id, Rabu 2 Juni 2021 bahwa yang pertama, tanggal 1 Januari 2021 ketika dia baru tiba di Merauke sebagai Uskup Agung. Seorang teroris tulisanya, sudah menunggu dirinya di rumah Uskup. Orang yang kemudian diketahui sebagai teroris, saat itu ditemui oleh Pastor John Kandam Pr, sekretaris Uskup.

Teroris dengan ransel bom itu berpura-pura mencari tempat kost. “Padahal dia menunggu kedatangan Uskup di rumah keuskupan. Syukurlah saya tidak langsung datang ke rumah keuskupan, tetapi masih dibawa oleh umat yang menjemput ke Buti, tempat misionaris pertama mendarat dan tempat penguburan para pastor dan biarawan/ti,” kata Mandagi.

Rencana percobaan pembunuhan yang kedua pada Minggu, 30 Mei 2021, saat Misa di Katedral. “Teroris itu  akan meledakkan diri bersama dengan Uskup. Tetapi, teroris urungkan niatnya karena Uskup tidak ada,” jelas Mandagi.  Saat itu Uskup Mandagi di Kepi, Kabupaten Mappi untuk melayani Sakramen Krisma.