Kemenkop dan UKM Targetkan 37.463 UKM Masuk Aplikasi PLUT KUMKM Berbasis Android

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 17 Mei 2017 - 13:46 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Kementerian Koperasi dan UKM telah meluncurkan Aplikasi Pusat Layanan Usaha Terpadu-KUMKM (PLUT-KUMKM).

Dengan adanya aplikasi ini,  diharapkan para Konsultan Pendamping PLUT-KUMKM dapat aktif menginput data perkembangan UKM yang didampingi, sehingga memudahkan pihak terkait seperti Kemenkop dan UKM, Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM,maupun stakeholder lain, dalam mengakses data.

Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha yang diwakili Asisten Deputi Pendampingan Usaha, Eviyanti Nasution menjelaskan hal itu pada acara Diseminasi Kerjasama Pendampingan usaha KUMKM Regional II di Makassar, Selasa (16/5 2017 ).

Acara itu diikuti 30 orang Konsultan Pendamping PLUT-KUMKM, dari 11 provinsi yaitu Sulsel, Sulteng,  Sulut, Sulbar, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, NTT, Papua Barat, Kaltim, Bali, Kab. Wakatobi, Kab. Bantaeng, Kota Palopo.

Diseminasi pendampingan usaha ini juga menghadirkan  narasumber dari PT Angkasa Pura dan  Asosiasi BDS Indonesia.

"Diharapkan dengan hadirnya para narasumber tersebut peran dan fungsi PLUT-KUMKM akan semakin optimal," jelasnya.

Lebih lanjut Eviyanti memaparkan, kegiatan ini bertujuan untuk optimalisasi peran dan fungsi PLUT-KUMKM, diantaranya optimalisasi penggunaan teknologi informasi melalui aplikasi CIS SMESCO yang telah tersedia di perangkat android.

Aplikasi ini bisa diunduh melalui Google Play ataupun bisa diakses langsung melalui www.manajemen.cis-nasional.id

Beberapa layanan yang tersedia di aplikasi tersebut adalah: Konsultasi Online dan Informasi Pasar.