Prajurit Batalyon Zeni 1 Marinir Tingkatkan Pembinaan Fisik

Oleh : Herry Barus | Selasa, 11 Mei 2021 - 05:20 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Prajurit Batalyon Zeni 1 Marinir (Yonzeni 1 Mar) melaksanakan program latihan pembinaan fisik dengan pola latihan kombinasi yang bertujuan memperkuat otot-otot tubuh yang berperan dalam meningkatkan performa berlari prajurit yang dilaksanakan di lapangan bola mini Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (05/05/2021).

Pola latihan kombinasi merupakan suatu bentuk variasi latihan fisik yang bertujan untuk meningkatkan kekuatan dan kecepatan berlari. Program latihan ini dipimpin oleh Pelda Mar Didik Purwanto, Bintara Yonzeni 1 Mar yang keseharianya juga bertugas sebagai pelatih tim kesebelasan sepakbola PS Marinir.

Pola latihan kombinasi ini diawali dengan peregangan untuk melemaskan otot tubuh, dilanjutkan dengan joging ringan. Setelah itu para prajurit melaksanakan beberapa sesi program latihan antara lain Squat jump dan Squat thrust untuk meningkatkan kekuatan otot paha. Dilanjutkan dengan Quick starts untuk melatih kekuatan otot kaki. Sesi terakhir melaksanakan Shuttle run yang dikombinasikan Sprint jarak pendek untuk meningkatkan kecepatan berlari.

Sementara itu, Danyon Zeni 1 Mar Letkol Marinir Rudi Sutisna, M.Tr.Opsla. melalui Dispen Kormar, juga selalu memberikan semangat dan motivasi kepada para prajurit untuk terus melatih fisik dan mental. "Diharapkan dengan pembinaan fisiknini, kedepannya para prajurit dapat menorehkan prestasi dalam setiap perlombaan yang diadakan oleh korps Marinir. Pelatih juga diarahkan untuk selalu memastikan kondisi prajurit cukup baik dan prima. Sementara itu prajurit diperintahkan untuk menjaga pola makan dan asupan nutrisi harian," jelasnya.