Luar Biasa! Sri Mulyani Bawa RI Kembali Raih Penghargaan Climate Bonds Award untuk ke-12 Kalinya

Oleh : Candra Mata | Selasa, 27 April 2021 - 19:05 WIB

INDUSTRY.co.id - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dibawah kepemimpinan Menkeu Sri Mulyani Indrawati kembali berhasil menerima penghargaan Climate Bonds Award tahun 2021 dari Climate Bonds Initiative (CBI). Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan dan apresiasi atas konsistensi Kemenkeu dalam mendorong kemajuan green finance dalam periode satu tahun terakhir.

Penghargaan ini menjadi penghargaan ke-12 yang diterima oleh Green Sukuk pemerintah Indonesia sejak diterbitkan tahun 2018, dan merupakan penghargaan internasional ke-42 bagi penerbitan Sukuk Negara.

"Selamat kepada Pemerintah Indonesia yang memperoleh penghargaan sebagai Green Sukuk Terbesar Dunia tahun 2020," ucap Sean Kidney, Chief Executive Officer (CEO) CBI seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari laman Kemenkeu pada Selasa (27/4/2021).

Untuk diketahui, penghargaan tersebut juga merupakan sebuah bentuk pengakuan publik kepada organisasi dan pemerintah yang berperan aktif dalam melakukan capital shifting menuju solusi rendah karbon dan transisi yang lebih besar ke nol-bersih serta mampu memberikan contoh ekonomi nyata bagi alokasi investasi.

Climate Bonds Award  2021 sendiri merupakan tahun ke-6 digelarnya penghargaan internasional terkemuka tersebut.

Penghargaan ini memberikan pengakuan atas pencapaian yang telah dilakukan oleh organisasi atau pemerintahan atas kepemimpinan, praktik terbaik, inovasi dalam keuangan hijau dan berkelanjutan, yang mencakup obligasi hijau, pinjaman, sukuk, serta perkembangan pasar yang signifikan dalam investasi berbasis iklim.