Wow, Wakaf Digadang-gadang Jadi Gaya Hidup Masyarakat Muslim

Oleh : Wiyanto | Rabu, 21 April 2021 - 01:11 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Badan Wakaf Indonesia (BWI) punya cita-cita, wakaf bisa menjadi gaya hidup masyarakat Muslim. Sebagimana zaman Nabi Muhammad Saw, wakaf jadi tren yang digeluti para sahabat.

"Wakaf sudah menjadi gaya hidup di zaman nabi Muhammad SAW, selain bersedekah dan berzakat. Sedangkan zakat, infaq, sedekah bersifat biaya operasional keumatan atau disebut juga operational expenditure (Opex)," kata Ketua BWI Mohammad Nuh di Jakarta, Selasa (20/4/2021).

Nuh mengungkapkan, Wakaf itu sifatnya terus bertambah tanpa berkurang karena itu dapat memberikan manfaat bagi peradaban manusia.

"Urusan wakaf ini bukan urusan biasa, tapi luar biasa yang sudah dicontohkan oleh rasulullah," jelasnya.

Hal yang paling penting dari wakaf, kata dia, wakaf itu dikembangkan terlebih dahulu, baru hasilnya didistribusikan kepada penerima manfaat.

Apalagi belum lama gencar Wakaf Uang selain aset. Maka uang tersebut dikekola yang hasilnya dimanfaatkan bagi kepentingan umat.

"Kehadiran wakaf uang dapat menurunkan gini rasio dan menekan ketimpangan sosial. Sehingga perbedaan orang kaya dan miskin bisa ditekan," jelas dia.