Wow, Akhirnya PewDiePie Tutup Channel Youtube Miliknya

Oleh : Hariyanto | Minggu, 11 Desember 2016 - 10:25 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Youtubers kondang PewDiePie rupanya menepati janjinya. Artis YouTube itu telah menutup channel-nya pada Sabtu (10/12).

Sebelumnya, pria yang bernama asli Felix Kjellberg tersebut berjanji bahwa ia akan segera menutup channel YouTube-nya jika jumlah subscriber (pengikut) mencapai angka 50 juta.

Selain itu, youtubers kondang ini juga tak puas dengan apa yang telah dilakukan YouTube. Menurutnya, jejaring sosial berbagi video itu perlahan telah membunuh channel miliknya.

Beberapa video PewDiePie mengalami penurunan jumlah penonton. Selain itu, sejumlah subscriber-nya komplain soal tidak adanya notifikasi yang muncul ketika ada video baru PewDiePie yang diunggah.

PewDiePie mengumumkan penutupan channel YouTube-nya dalam sebuah video. Namun, apa yang dikatakan PewDiePie di video itu cukup mengagetkan. Rupanya keputusan tersebut hanya merupakan candaan.

Ia mengatakan, terkait penutupan channel YouTube ia memang benar-benar telah menutup akun miliknya. Namun, bukan akun bernama PewDiePie yang ditutup.

Ia justru menutup channel-nya yang lain bernama "Jack Septiceye2". Channel itu dibuat olehnya pada Oktober 2016. Tercatat, channel PewDiePie yang satu ini sudah mengantongi satu juta subscriber sebelum akhirnya dihapus.

"Saya hanya bercanda. Tahu kan asyiknya membuat lelucon dan mendadak viral? Di situ lah sensasinya," ceplos PewDiePie.

Apa yang diucapkan PewDiePie sebelumnya memang sudah banyak diprediksi penggemarnya. Pasalnya, PewDiePie hidup dari YouTube. Ia bahkan mampu mengantongi pendapatan dengan jumlah bombastis, sebesar US$ 4 juta atau sekitar Rp 53 miliar dalam waktu setahun.