Mirip Pembalap, Jokowi Bersiap Naik Motor Dipayungi Ibu Iriana

Oleh : Irvan AF | Rabu, 10 Mei 2017 - 17:30 WIB

INDUSTRY.co.id, Wamena -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersiap menengok kemajuan pembangunan jalan Trans Papua dengan sepeda motor trail. Namun ada kejadian unik sebelum Jokowi menengok jalan sepanjang 38 km yang sudah teraspal dan ruas yang masih digarap. Presiden Jokowi dipayungi Ibu Negara Iriana bak pembalap yang siap di lintasan.

Ibu Iriana tampak berpeluh memayungi suaminya seperti "umbrella girl" saat pembalap akan melesat di garis start. Meski begitu, Ibu Negara tetap tersenyum saat dipotret.

Jalan Trans Papua sendiri telah dibuka sepanjang 3.800 kilometer (km) dari rencana 4.300 km, dimana 38 km diantaranya sudah teraspal  dan bisa dilewati kendaraan roda 4 (empat) dengan lancar.

Presiden Jokowi menjelaskan, untuk melengkapi pembangunan jalan Trans Papua itu, akan dibangun 35 jembatan dari Wamena menuju ke Agas. Ia menyebutkan, yang sudah dikerjakan baru 15 jembatan.

“Memang ini pekerjaan yang sangat besar sekali, di lapangan memang kita lihat betapa sangat sulitnya medan yang dihadapi baik oleh TNI, kemudian kontraktornya juga. Bayangkan aspalnya untuk memulai itu, bisa membayangkan baru membawa alat-alat beratnya belum aspalnya,” terang Presiden seperti dinukil situs Sekretariat Kabinet.

Mengenai alasannya mengendarai trail meninjau jalan Trans Papua, Presiden Jokowi mengatakan, agar kelihatan betapa sulitnya membangun jalan tersebut. “Kita mencoba melihat di lapangan dan harus dirasakan betul,” ujarnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Gubernur Papua Lukas Enembe. (Setkab)