Bangun Data Center! Microsoft Bawa Duit Rp 88 Triliun ke Indonesia

Oleh : Ridwan | Rabu, 03 Maret 2021 - 09:30 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyambut baik investasi yang akan dilakukan perusahaan teknologi global, Microsoft di Indonesia.

Diketahui Microsoft resmi menyatakan komitmennya untuk membangun pusat data (data center) regional di Indonesia.

Menko Airlangga mengatakan investasi tersebut dinilai dapat menghasilkan pendapatan baru US$6,3 miliar atau sekitar Rp88,77 triliun.

"Selamat dan sukses atas pengumuman ekspansi bisnis Microsoft di Indonesia. Investasi tersebut dinilai dapat menghasilkan pendapatan baru," kata Airlangga melalui rilis resminya di Jakarta (2/3/2021).

Dengan masuknya investasi tersebut, membuktikan Indonesia sebagai tujuan investasi perusahaan dunia. Serta akan menjadi lapangan kerja baru bagi warga Indonesia.

Investasi tersebut, lanjut Airlangga, mempertimbangkan besarnya ekosistem pelanggan dan mitra lokal di Nusantara. 

"Selain itu, bisnis yang mengonsumsi komputasi awan (cloud) diprediksi dapat menyumbangkan 60 ribu pekerjaan bagi ekonomi lokal selama empat tahun ke depan," sebutnya.

Menurutnya, kehadiran pusat data lokal dinilai akan membuat pebisnis di Indonesia memiliki akses yang lebih cepat terhadap layanan cloud yang datanya disimpan di Tanah Air.

"Microsoft juga berkomitmen untuk menggunakan 100% energi terbarukan atas fasilitas pusat data hingga 2025 dan menyediakan akses air bersih-sanitasi di daerah terpencil di Indonesia," jelasnya.

Pengumuman investasi di Indonesia memberi tambahan kepercayaan di dalam kita menghadapi pelemahan ekonomi akibat pandemi COVID-19. Ini membuktikan bahwa Indonesia adalah negara dengan tujuan investasi yang menarik.