Dorong Peningkatan Pelayanan Lewat Teknologi, Puan Maharani: Kalau Masyarakat Puas, Kerja Kita Sudah Benar

Oleh : Nata Kesuma | Selasa, 02 Maret 2021 - 14:51 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani berpesan agar aparat pemerintah meningkatkan pelayanan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi. 

Hal ini menjadi perhatian Puan, karena teknologi diyakini mampu mempermudah dan mempersingkat proses pelayanan. 

Ia pun mengapresiasi program Smart Kampung dari Pemkab Banyuwangi yang memaksimalkan pemanfaatan teknologi untuk menyelesaikan sejumlah urusan kependudukan.

“Tugas dan fungsi kita (anggota dewan dan aparat pemerintah-red) adalah melayani masyarakat. Kalau masyarakat sudah puas, artinya kerja kita sudah benar. Saya melihat teknologi bisa didayagunakan untuk memudahkan aparat untuk melayani warga. Saya mengapresiasi program ini. Jika ada penyelewengan, bisa diantisipasi sejak dini," terang Puan dalam keterangan resminya yang dikutip redaksi Industry.co.id pada Selasa (2/3/2021).

Menurutnya, Program Smart Kampung yang digagas oleh Pemkab Banyuwangi bertekad mendekatkan pelayanan publik hingga ke tingkat desa. 

Tidak hanya mendekatkan saja, program ini juga membuka akses bagi masyarakat yang kurang mampu untuk mengurus administrasi kependudukan. 

Seperti, pembuatan surat pernyataan miskin (SPM) untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis.

Dalam kunjungannya ke Banyuwangi tersebut, Puan yang didampingi oleh Bupati Banyuwangi Azwar Anas juga melakukan inspeksi pelayanan publik yang terintegrasi secara digital di Lounge Pelayanan Publik Pemkab Banyuwangi. 

Puan pun mengawasi bagaimana aparat desa melayani kebutuhan masyarakat dengan menggunakan aplikasi Sekawan di Balai Desa Sukojati, Kecamatan Blimbingsari.

Ke depannya, Puan berharap akan menggerakkan ekonomi lokal setempat.

"Pengawasan program juga dilakukan melalui sistem lengkap dengan titik koordinat dan gambar perkembangan proyek pembangunan, sehingga menutup celah adanya proyek ganda atau fiktif," pungkasnya.