Cuma Modal Hoki dan Feeling! Orang Kaya Ini Punya Harta Capai Rp21 Triliun

Oleh : Ridwan | Jumat, 26 Februari 2021 - 16:27 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat dinobatkan sebagai orang terkaya ke-17 Indonesia versi Forbes 2020. 

Berdasarkan catatan, total kekayaan orang nomor satu di Sido Muncul tersebut mencapai US$ 1,55 miliar atau sekitar Rp 21,8 triliun.

Pundi-pundi uang Irwan Hidayat didapat dari penjualan obat herbal serta jamu. Ia mengaku kekayaan yang didapatkan hanya bermodal hoki

"Hidup saya cuman berdasarkan feeling sama percaya sama hoki aja," kata Irwan di Jakarta (26/2/2021).

Lebih lanjut, ia membeberkan dirinya bisa menjadi kaya raya karena keuntungan menjalankan bisnia yang sangat cocok dengan pasar Indonesia.

"Saya ini sebagai penikmat usaha. Jadi, saya bukan pengusaha, tapi penikmat usaha. Jadi, hoki," sambungnya.

Irwan dan adik-adiknya hanya meneruskan usaha dari sang nenek yang sudah berjualan jamu sejak era akhir kolonial Belanda. 

Ia juga enggan berinvetasi untuk lini bisnis baru yang berada di luar perhitungannya.

"Coba kalau sekarang 5 tahun yang lalu saya bisnisnya misalnya investasi tiga sampai empat triliun, uangnya Rp2,5 triliun, kurang Rp 1,5 triliun, utang. Ya sekarang bangkrut juga toh," kata dia.

Irwan pun menyimpulkan, pencapaian yang diraihnya saat ini 90 persen di antaranya itu keberuntungan semata.

"Ya kalau enggak beruntung ya mungkin 10 persen, atau sepersepuluhnya lah. Sepersepuluh udah enak saya hidupnya. Tiap hari mancing, jalan-jalan," tutup Irwan.