Genjot Daya Saing Produk Lokal, Avana Indonesia Gandeng Wiranesia Inkubator Laksanakan Inkubasi Kewirausahaan

Oleh : Hariyanto | Kamis, 25 Februari 2021 - 20:06 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Platform social commerce pengembangan bisnis tanah air, Avana Indonesia melakukan kerjasama dengan PT. Wira Teknologi Indonesia sebagai pengembang aplikasi Wiranesia Inkubator, dalam mengembangkan kemampuan para pengusaha lokal, khususnya para pelaku UMKM agar bisa memanfaatkan teknologi digital dalam melakukan aktivitas bisnis mereka secara maksimal.

Country Manager Avana Indonesia, Queenseca menilai eksistensi sejumlah produk lokal Indonesia semakin tergerus akibat perkembangan teknologi yang semakin cepat. Melihat fenomena tersebut, bersama Wiranesia Inkubator, Avana berencana melaksanakan sejumlah program pengembangan dan pengayaan UMKM di Indonesia.

"Belakangan ini, kami melihat eksistensi brand lokal semakin tergerus seiring dengan perkembangan internet dan teknologi. Bekerjasama dengan Wiranesia, Avana mengadakan program Pengembangan dan Pengayaan UMKM yang bertujuan untuk memberikan perspektif baru bagi brand-brand lokal," kata Queenseca usai penandatanganan kerjasama dengan Wiranesia Inkubator di Roemah Djatinegara, Jakarta Timur, Rabu, (24/2/2021).

Sementara itu, Founder Wiranesia Inkubator, Faransyah Agung Jaya melihat potensi produk lokal Indonesia yang tidak kalah kualitasnya dengan produk luar negeri. Sayangnya, kurangnya kesadaran sejumlah pelaku UMKM memanfaatkan teknologi digital, membuat bisnis UMKM di Indonesia tidak berkembang secara maksimal.

"Pebisnis lokal sebenarnya memiliki produk yang tidak kalah bagusnya dengan produk luar. Namun karena adanya gap dengan teknologi yang berkembang sangat pesat, akhirnya tidak bisa mengembangkan bisnis mereka secara maksimal," ujar Faransyah.

Untuk itu, Avana Indonesia bersama Wiranesia menyelenggarakan Program Inkubasi Kewirausahaan Digital dengan tujuan utama untuk mengembangkan kemampuan pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital serta menambah daya saing produk lokal tanah air.

"Kali ini, kami bekerjasama dengan Avana untuk mengadakan program Inkubasi Kewirausahaan Digital yang diharapkan bisa mempersempit gap teknologi tersebut dan meningkatkan daya saing dari produk-produk lokal, terlebih di era teknologi ini," lanjutnya.

Lebih jauh, Avana Indonesia berharap melalui kerjasama ini, nantinya para pelaku UMKM di Indonesia dapat mengembangkan maupun memasarkan produk lokal secara lebih maksimal dengan memanfaatkan penjualan melalui platform digital.

Sehingga produk lokal yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM bisa bersaing dengan produk-produk buatan luar negeri serta mengalami peningkatan omzet yang nantinya juga memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional.

"Melalui program ini, diharapkan brand-brand lokal dapat memanfaatkan platform penjualan digital secara maksimal, sehingga mampu bersaing dengan produk-produk luar. Dengan penjualan produk lokal yang makin meningkat, pastinya juga akan berdampak positif pada pergerakan roda ekonomi nasional," imbuh Queenseca.

Sebagai informasi, Avana Indonesia merupakan platform Social Commerce untuk mendukung para pelaku bisnis dengan mengoptimalkan penjualan melalui Website, Facebook, Instagram, dan WhatsApp, LINE, hingga Telegram.

Dengan menggunakan inovasi teknologi terbaru dan sistem yang terintegrasi dengan media sosial, Avana telah membantu lebih dari 100.000 pelaku usaha yang ingin mengoptimalkan brand dan mengotomatisasikan kemampuan bisnis secara online.