Pemerintah Butuh Dukungan Profesional PR Pulihkan Ekonomi

Oleh : Wiyanto | Jumat, 18 Desember 2020 - 19:41 WIB

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Pertumbuhan e-commerce Indonesia sangat tajam hingga 91 persen selama pandemi ini. Kalau tahun lalu pengguna internet masih 64 persen maka saat ini pengguna internet sudah 73,7 persen. Pengguna internet juga meningkat. Sehingga ini menjadi peluang besar (terutama) bagi PR untuk bisa mengembangkan diri dan beradaptasi.

Staf Khusus Kominfo bidang IKP, Transformasi Digital dan hubungan Antar-Lembaga, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)Rosarita Niken Widiastuti, mengatakan pemerintah terus berupaya semaksimal mungkin untuk penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

"Kami sangat membutuhkan kerja sama dari para profesional Public Relations (PR) untuk memberikan dukungan atau bersama-sama dengan pemerintah menghadapi situasi akhir-akhir ini," ungkap dia di acara Iconomics PR Person Award 2020, Jumat (18/12/2020).

Ia menjelaskan kerja sama dengan pihak terkait sangat dibutuhkan mengingat sekarang ini digitalisasi terus meningkat dari waktu ke waktu. Berdasarkan data yang ia miliki diungkapkan ekonomi Indonesia saat ini merupakan terbaik kedua setelah Tiongkok dan di antara G20 menjadi negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat.

Iconomics memberikan apresiasi kepada insan humas atau public relations (PR) melalui Iconomics Indonesia PR Person Award 2020. Apresiasi tersebut diberikan kepada individu yang memiliki peran dalam kehumasan di masing-masing instansinya.

Award ini memilih 40 insan PR berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan oleh Iconomics Research. Insan PR yang terpilih berasal dari perusahaan, kementerian, lembaga dan organisasi.

“Kriteria penilaian Iconomics PR Person Award 2020 berdasarkan 3 aspek, yakni exposure, influence, dan creativity,” kata Founder & CEO Iconomics Bram S. Putro dalam acara Iconomics Indonesia PR Person Award 2020.

Adapun exposure merupakan insan PR yang menerima award memiliki keterkenalan (personal brand awareness) di kalangan media maupun publik. Influence didefinisikan insan penerima award memiliki pengaruh dari sisi pembentukan opini dan pemikiran media maupun publik. Dan creativity merupakan praktisi PR yang terpilih memiliki pendekatan yang dinamis dan kreatif dalam menjalankan komunikasi institusinya.