Arie Prabowo Ariotedjo Gantikan Posisi Tedy Badrujaman Sebagai Dirut Antam

Oleh : Hariyanto | Selasa, 02 Mei 2017 - 15:15 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, RUPS Tahunan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM) menyetujui pemberhentian Tedy Badrujaman sebagai Direktur Utama dan digantikan oleh Arie Prabowo Ariotedjo.

Selain Tedy, dua dewan direksi seperti Agus Zamzam Jamaluddin dan I Made Surata juga diberhentikan. Adapun penggantinya adalah Sutrisno S. Tatetdagat sebagai Direktur Pengembangan dan Tatang Hendra sebagai Direktur Operasi.

Deputi Bidang Usaha Jasa Pertambangan, Industri Strategis Dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno saat ditemui usai RUPS Tahunan Antam, Jakarta, Selasa (2/5/2017) mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk memperkuat Antam.

Sementara, Direktur Hari Widjajanto mengatakan, perubahan susunan pengurus seiring dengan rencana pembentukan holding BUMN sektor tambang.

"Analisa kami arahnya ke sana (holding). Tadi pak Komut juga menyampaikannya dan lebih jelasnya tanya ke pemegang saham," tutur Hari.

Selain jajaran direksi, RUPS Tahunan juga memberhentikan dua Komisaris Independen seperti Laode M. Kamaluddin dan Hikmahanto Juwana. Kemudian, mengangkat Gumilar Rusliwa Somantri dan Anang Sri Kusuwardono sebagai Komisaris Independen.

Pada tahun buku 2016, RUPS Tahunan Antam menyetujui tidak membagikan dividen. Laba bersihnya dialokasikan sebagai laba ditahan sebesar Rp64,806 miliar.

"Pertimbangannya guna keperluan operasional dan pendanaan infrastruktur pendukung proyek Antam. Pemegang saham juga meminta kita agar biaa mencetak lama di 2017, dengan katalis seperti jual nikel dan bauksit serta pabrik Pomalaa sedang kita genjot," tutur Direktur Keuangan Dimas Wikan Pramudhito.