Rumor Restart Liga I Bulan Januari? Ini Tanggapan Robert Alberts Pelatih PERSIB

Oleh : Herry Barus | Jumat, 16 Oktober 2020 - 18:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Bandung- Pelatih PERSIB, Robert Alberts tak mau berspekulasi soal rumor restart Liga 1 2020 baru akan bergulir bulan Januari dengan format dua wilayah. Sebab, katanya, banyak hal yang harus dipikirkan sebelum memutuskan mengganti sistem kompetisi.

Menurutnya, perubahan sistem kompetisi akan berpengaruh pada apa yang sudah didapatkan dari yang sudah dijalankan. Seperti contohnya PERSIB yang sudah meraih nilai tertinggi dari tiga laga yang sudah dimainkan sebelum kompetisi dihentikan akibat pandemi Covid-19. 

"Saya kira banyak hal yang harus dipikirkan. Tapi, itu bagus. Semua orang bisa fokus kepada liga walau dimulai dengan sistem berbeda. Ini harus dipertimbagkan karena PERSIB tim yang mempimpin klasemen. Bila liga dimulai dengan format baru, tentunya akan berubah," kata Robert, Kemarin.

Saat ini, ia hanya bisa menunggu dan tetap fokus menjaga kebugaran pemain. Pelatih asal Belanda ini tetap menjalankan program dengan target liga bergulir secepatnya. 

"Kita akan lihat bagaimana keputusannya. Apa yang terjadi saat liga dimulai di Januari. Sekarang, kami akan fokus pada tipe latihan dan jadwal yang berbeda. buat pemain tetap terjaga kebugaran dan fisiknya," ucapnya

Sementara itu Akademi PERSIB berhasil menjuarai turnamen Bina Putri Cup setelah menang tipis 1-0 atas Bina Putri pada laga final di Lapangan Sanggarung, Cirebon, Kamis 15 Oktober 2020. Gol penentu kemenangan Akademi PERSIB di laga berdurasi 2x15 menit ini dicetak Zahra Naqiyah pada menit 18. 

Pelatih Iwan Bastian bersyukur atas prestasi yang diraih tim asuhannya. Ia pun menyanjung penampilan para pemainnya, termasuk mental tanding yang telah terpupuk lewat serangkaian pertandingan sebelumnya.  

"Alhamdulillah, saya bersyukur hari ini kita menjadi juara. Tapi lebih dari itu, apresiasi buat anak-anak yang mengalami banyak progres, terutama dari segi mental. Beberapa pemain mengalami perkembangan signifikan," kata Iwan.

Akademi PERSIB melangkah ke final setelah melakoni tiga pertandingan. Pertama, Akademi PERSIB menang 4-0 atas Bina Putri lewat hattrick Zhadya Aini Raysha Yushar dan Rosdillah. 

Pada laga kedua, Akademi PERSIB memetik kemenangan 2-0 atas Insport lewat gol Zhadya Aini dan Vevi. Lalu, di laga ketiga, Akademi PERSIB bermain imbang 0-0 dengan Queen Kuningan.

"Meskipun menang, kita masih ada kekurangan. Kita lihat pemain masih memiliki ketergantungan pada pemain lainnya. Jadi perlu kita bangun lagi chemistry semua pemain. Lalu, beberapa pemain masih perlu peningkatan," ungkapnya