Kabar Baik untuk Perusahaan Media! Google akan Bayar Perusahaan Media Lebih dari US$ 1 Miliar untuk Konten Berita

Oleh : kormen barus | Senin, 05 Oktober 2020 - 08:12 WIB

INDUSTRY.co.id,  NEW YORK. Raksasa teknologi Google akan mengeluarkan dana lebih dari US$ 1 miliar ke para penerbit media selama tiga tahun ke depan melalui program baru untuk berita lisensi.

Seperti yang dikutip industry dari kontan.id, Google itu telah menandatangani kesepakatan lisensi dengan sekitar 200 perusahaan media di negara-negara tertentu dengan rencana untuk menambah lebih banyak dan memperluas secara geografis.

Google bersama dengan Facebook, mengontrol sebagian besar kue iklan yang pernah masuk ke penerbit di industri media. Menyusutnya pendapatan iklan telah menyebabkan ruang redaksi menyusut kecil dan sumber daya berkurang untuk memberitakan kisah-kisah lokal.

Miliaran dolar yang dihabiskan untuk melisensikan berita adalah cara Google menunjukkan kepada penerbit media bahwa mereka berkomitmen untuk membayar jurnalisme berkualitas tinggi dan mempertahankan industri media yang sedang berjuang.

Kesepakatan lisensi, yang sebelumnya diumumkan pada bulan Juni, adalah bagian dari produk baru yang disebut News Showcase, di mana penerbit yang berpartisipasi dapat mengkurasi dan memutuskan sendiri bagaimana menyajikan konten mereka di platform Google.

Konten tersebut ditampilkan sebagai "story panel" dan penerbit dapat menggunakan garis waktu, poin, atau artikel terkait untuk mendorong pemirsa mengklik ke situs mereka dan membaca lebih lanjut.

Google akan membayar beberapa penerbit media untuk membuat artikel paywall gratis diakses oleh non-pelanggan.

Mulai Kamis (1/10), pengguna Google di Brasil dan Jerman dapat mengakses fitur tersebut. Saat peluncuran, News Showcase tersebut hanya akan tersedia di aplikasi Google News di Android.

Tapi itu akan segera diperluas ke aplikasi iOS dan kemudian meluas ke aplikasi Google Discover dan pencarian Google.

"Jelas bahwa industri surat kabar telah lama menghadapi tantangan ekonomi," kata Brad Bender, Wakil Presiden Manajemen Produk untuk Berita Google kepada CNN Business.

"Saya pikir sejumlah dari kita di ekosistem ingin meningkatkan dan memungkinkan masa depan yang lebih baik untuk berita. Ini adalah investasi yang sangat besar, investasi terbesar kami saat ini, tetapi ini benar-benar membangun upaya kami selama 20 tahun dengan industri," imbuhnya.