Luhut Minta Produsen Farmasi Percepat Produksi Obat COVID-19: Jangan Ada Hambatan

Oleh : Hariyanto | Senin, 28 September 2020 - 08:57 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menko Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan meminta agar produsen farmasi nasional mempercepat produksi obat COVID-19, salah satunya adalah obat Remdesivir. 

“Harus diupayakan untuk segera produksi dalam negeri. Kita cari bahan-bahannya itu nanti, jadi jangan ada hambatan,” tegas Menko Luhut kepada Dirut Bio Farma Honesti Basyir pada Rapat Koordinasi (Rakor) virtual Penyediaan Obat COVID-19 di Jakarta, Sabtu (26/9/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan mengatakan bahwa dia setuju untuk mendukung semua riset yang dilakukan untuk memproduksi Remdesivir dalam negeri. 

“Saya back up untuk kebutuhan obat apapun pasti akan kami dukung karena kami tinggal ajukan dan adakan bersama dengan BUMN dan bersama dengan BPOM kami akan koordinasi supaya segala sesuatu tepat sasaran, tepat waktu dan kita tidak membuat kebijakan yang justru kita tidak bisa menyelamatkan (pasien COVID-19) seperti apa yang Bapak (Menko Luhut) sampaikan,” katanya.