Jangan Anggap Remeh! Ketua Satgas Tegaskan Tak Ada Satupun Orang yang Kebal Covid-19: Maaf, Mungkin Belum Kena Saja

Oleh : Candra Mata | Senin, 14 September 2020 - 09:15 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah melalui Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Doni Monardo menegaskan bahwa semua orang berpotensi terkena virus covid-19 dan tak ada satupun orang yang bisa menganggap dirinya kebal dari paparan virus asal Wuhan China tersebut. 

"Saya rasa tidak ada orang yang kebal covid, jadi kalau ada yang menganggap diri kebal covid, mohon maaf, mungkin belum kena saja," ungkapnya secara virtual (13/9).

Menurutnya, saat ini semua orang bisa dengan mudah terpapar covid meskipun tetap berada didalam rumah.

"Dari hasil riset 944 pasien yang dirawat di Wisma Atlet, ada 7 persen dari pasien yang sama sekali tidak keluar rumah," jelasnya.

Hal tersebut terjadi, menurut Doni lantaran ada salah satu anggota keluarga yang tinggal di rumah kemudian beraktivitas di luar rumah dan menjadi carrier.

"Ada salah satu keluarga kita terkena covid, penyebabnya salah satu di antaranya beraktivitas di luar tanpa diketahui lantas menulari keluarga yang di rumah," jelas Doni.

Untuk itu, Ia meminta masyarakat agar selalu waspada oenyebaran covid. Menurutnya dari data tim Satgas Covid-19, setidaknya terkuak ada sekitar 70 sampai 90 persen orang tanpa gejala (OTG) ditengah masyarakat.

"Ini yang berbahaya, mereka yang tanpa gejala, mereka ketika pulang ke rumah mereka bisa menjadi silent killer atau pembunuh potensial," pungkasnya.