Ngeri! Banggar DPR Ini Sebut Gara-gara Anies, Pasar Saham Kehilangan Rp 300 T

Oleh : kormen barus | Sabtu, 12 September 2020 - 08:52 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan kemarin ambles hingga lebih dari 5%. Kondisi pasar modal yang kemarin bergejolak itu, dikaitkan dengan pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang pada Rabu malam mengumumkan diberlakukannya kembali pengetatan PSBB di Jakarta.

Seperti yang dikutip Industry.co.id  dari detik.com, Ketua Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Said Abdullah salah satu yang percaya akan tudingan itu. Bahkan menurutnya kapitalisasi pasar saham kemarin yang tergerus hingga Rp 300 triliun merupakan penyebab dari pernyataan Anies.

"Kejadian kemarin sangat disesalkan atas pernyataan yang begitu bombastis, dramatis oleh Gubernur DKI Bapak Anies Baswedan sehingga menimbulkan hal yang tidak perlu dan membakar ludes Rp 300 triliun saham-saham kita berguguran. Kalau korporasi hancur, maka ritel akan hancur, inilah tantangan berat baik OJK dan BI," ujarnya saat membuka rapat kerja Banggar dengan pemerintah, Jakarta, Jumat (11/9/2020).

Melansir data rangkuman perdagangan BEI pada 10 September 2020 kemarin, nilai kapitalisasi pasar modal sebesar Rp 5.682 triliun. Angka itu turun Rp 297 triliun dari nilai kapitalisasi pasar di hari sebelumnya sebesar Rp 5.979 triliun.

Kemarin investor asing juga melakukan aksi jual dengan catatan net sell sebesar Rp 663 miliar. Dengan begitu catatan net sell dari awal tahun mencapai Rp 33,57 triliun.