Ekonomi Syariah Harus Jadi Pendobrak Keterpurukan

Oleh : Wiyanto | Jumat, 07 Agustus 2020 - 16:20 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyatakan bahwa di tengah upaya mendorong pemulihan ekonomi nasional, penyelenggaraan rangkaian Indonesia Sharia Economic Festival ISEF 2020 diharapkan membangkitkan spirit positif dan optimisme bagi pelaku usaha, khususnya pelaku usaha syariah.

"Momentum ini menjadikan ISEF 2020 semakin kuat urgensinya untuk lebih digaungkan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," kata dia di Jakarta, Jumat (7/8/2020).

Selanjutnya, Perry Warjiyo juga mengingatkan bahwa Allah SWT mengajarkan 3 (tiga) hal penting dalam menghadapi musibah, termasuk pandemi COVID-19 ini. Pertama, kita harus semakin sabar dan tawakal kepada Allah SWT, karena Allah selalu dekat dengan kita. Kedua, kita harus optimis, bahwa di setiap kesulitan selalu ada kemudahan. Ketiga, barangkali Allah SWT sedang menunjukkan peradaban baru bagi umat manusia, era digital, termasuk ekonomi-keuangan syariah digital.

"Ke depan, upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang dilakukan Bank Indonesia sebagai bagian dari upaya nasional, tetap akan difokuskan dengan pendekatan ekosistem yang terintegrasi untuk mendukung program kerja yang telah terkoordinasi pada Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS)," katanya.