Kemenkeu ke DJPB: Jangan Ada Delay Administrasi, Jalankan APBN, Kejar Pencairan

Oleh : Candra Mata | Kamis, 06 Agustus 2020 - 15:11 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara meminta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) untuk mendukung upaya percepatan penyerapan anggaran secara tepat dan cepat dengan memperhatikan tata kelola yang baik. 

“Pencairan dan pengawasan anggaran di daerah, diskusi terus dengan satker (satuan kerja) yang ada di daerah," kata Suahasil Nazara dalam confrence virtual Kamis (6/8).

Ia juga meminta kepada DJPB untuk mengerti dimana program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menyebabkan adanya perubahan pada Postur APBN 2020.

“Dalam situasi pandemi, anggaran Rp2.739,2 triliun ingin kita realisasikan semuanya, ketika konsumsi sedang turun, investasi sedang turun maka yang bisa menjadi tonggak pertumbuhan ekonomi adalah belanja pemerintah," ungkapnya. 

Dirinya juga juga menekankan pada Kantor Wilayah (Kanwil) DJPB untuk meningkatkan pelayanan/menghindari penundaan (delay) administrasi, mengintensifkan pembinaan terhadap satker pengelola, proaktif membantu menyelesaikan kendala pelaksanaan anggaran, memastikan kelancaran pelaksanaan anggaran, memberikan pemahaman urgensi belanja PEN dan menyampaikan rekomendasi penyempurnaan kebijakan. 

“Jalankan APBN, kejar pencairan,” pungkasnya.