Sejarah Baru: Pesawat Hercules Landing Perdana di Ende Menyongsong Pelangi Nusantara 2020

Oleh : kormen barus | Rabu, 05 Agustus 2020 - 09:42 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Pesawat udara C-130 Hercules milik TNI AU dengan nomor registrasi A-1314 telah melakukan uji landing untuk pertama kalinya di  Bandara H. Hasan Aroeboesman Ende pada pukul 13.40 WITA, Selasa (4/8/2020) dan berhasil.

Inilah momentum bersejarah di mana runway bandara di Ende selama ini belum pernah disinggahi Hercules. Even TNI AU Pelangi Nusantara 2020 telah mengukir sejarah baru di Kota Pancasila, di mana Soekarno menemukan lima butir Pancasila saat ia diasingkan Belanda tahun 1934-1938.

Mengutip tulisan yang viral di grup washap, pesawat tersebut membawa bantuan kemanusiaan berupa bahan pokok, seragam sekolah, masker, APD (Alat Pelindung Diri), dan lainnya untuk kabupaten Ende dan kabupaten Nagekeo. Mengangkut sekitar 7 ton logistik, Hercules berhasil melakukan tugas perdananya dengan mulus.

Bersama Letkol Pnb Yulius Marvien Aryaka, Komandan Skadron Udara 31, Halim Perdanakusumah, Jakarta sebagai captain pilot, Hercules disambut para pejabat Pemda Ende dengan seremonial khas Ende.

Captain Yulius bersama copilot (First Officer) Kapten Pnb Riki A Sihaloho, Lettu Pnb Rizky Wahyu, serta Navigator Mayor Nav Didik telah membuka lembaran sejarah aviasi kabupaten Ende.