Jokowi: Saya Tak Tahu Sebabnya Apa, Tapi Suasana Mingu-minggu Ini Masyarakat Berada pada Posisi Khawatir COVID

Oleh : Candra Mata | Selasa, 04 Agustus 2020 - 07:07 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap bahwa masyarakat semakin khawatir dengan penyebaran virus Corona (Covid-19) yang terjadi akhir-akhir ini.

"Saya tidak tahu sebabnya apa, tetapi suasana pada minggu-minggu terakhir ini kelihatan masyarakat berada pada posisi yang khawatir mengenai covid, entah karena kasusnya meningkat atau terutama menengah ke atas, karena orang yang tidak taat pada protokol kesehatan tidak semakin sedikit, tapi semakin banyak," ungkap Jokowi di Istana Merdeka, Senin (3/8).

Dikatakannya juga, orang-orang yang tidak taat pada protokol kesehatan pada mingu-minggu ini bukannya berkurang, malah semakin banyak. 

"Ini terlihat dari data hingga Minggu, 2 Agustus kemarin, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia mencapai 111.455 orang, 68.975 orang sembuh dan 5.236 orang meninggal," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyoroti soal persentase angka kematian di Indonesia yang lebih tinggi 0,8 persen dari angka kematian global. 

"Ini menjadi PR besar kita bersama. Meski, case recovery rate di negara kita cukup bagus, yaitu 61,9 persen sembuh, dan terus meningkat," jelasnya.

Untuk itu, Dirinya kembali mengingatkan agar penerapan protokol kesehatan terus disosialisasikan kepada masyarakat. 

Sosialisasi tersebut menurutnya harus dilakukan secara terfokus dan tidak sekaligus. 

"Mungkin dalam dua minggu ini kita fokus kampanye pakai masker, lalu dua minggu berikutnya tentang jaga jarak atau cuci tangan, misalnya," pungkas Jokowi.