Pemberantasann Korupsi Dilakukan Secara Holistik, Integral Sistemik, dan Sustainable

Oleh : Herry Barus | Selasa, 28 Juli 2020 - 12:24 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Firli Bahuri menyebut pihaknya memiliki tiga strategi pendekata dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi.

“Ada tiga pendekatan pemberantasan korupsi yang merupakan core business KPK dalam memberantas korupsi dan dilaksanakan secara holistik, integral sistemik, dan sustainable,” ungkap Firli dalam keterangannya, Senin (27/7/2020).

Firli menjelaskan, strategi pertama dengan pendekatan pendidikan masyarakat untuk membentuk mindset dan culture-set segenap eksponen bangsa agar terbebas dari perilaku koruptif dan virus laten korupsi yang telah berurat akar di Indonesia.

“Kedua adalah pendekatan pencegahan dengan prinsip dan tujuan pencegahan untuk menghilangkan kesempatan atau peluang korupsi dengan cara perbaikan, penguatan hingga membangun sistem,” ujarnya.

Terakhir yang ketiga adalah pendekatan penindakan, dengan penegakan hukum yang tegas dan efektif, dapat menimbulkan kesadaran untuk taat, patuh pada hukum, bukan hanya sekadar membuat rasa takut akan sanksi semata.

“Insya Allah, Indonesia akan cepat terlepas dari laten korupsi yang menggurita di negeri ini, jika kita semua, seluruh elemen dan anak bangsa konsisten, bersatu padu bersama KPK menjalankan 3 Strategi ini,” pungkasnya.