Stttt....Ada 2.000 TKA China di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Menaker Ida: Skill Mereka Tinggi

Oleh : Hariyanto | Selasa, 28 Juli 2020 - 09:05 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang juga merupakan proyek strategis nasional (PSN) telah menyerap sebanyak 12.000 tenaga kerja. Di antara ribuan tenaga kerja tersebut terdapat sebanyak 10.000 tenaga lokal dan 2.000 tenaga kerja asing (TKA).

"Ada 2 ribu sementara tenaga kerja kita ada 10 ribu. Totalnya 12 ribu, 10 ribu dari tenaga kerja Indonesia, kemudian 2 ribunya dari tenaga kerja China, TKA dari China," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di lokasi proyek kawasan Halim, Jakarta, Senin (27/7/2020) kemarin.

Kedatangan Menaker Ida di lokasi proyek KCJB tersebut adalah untuk mengetahui apakah ada pelanggaran dalam penggunaan TKA China dalam proyek tersebut.

Ida memastikan bahwa TKA China di proyek tersebut merupakan tenaga kerja dengan skill atau keterampilan tinggi. Menurutnya, penggunaan keahlian mereka sudah sesuai dengan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) yang diajukan ke Kemnaker.

"Di lapangan itu membutuhkan keahlian tertentu. Ini kan proyek baru yang pertama kali dikerjakan di Indonesia. Meskipun itu pekerjaan lapangan, tapi itu membutuhkan keahlian tertentu. Ini adalah proyek baru. Kereta cepat ini belum pernah dilakukan," ungkap Menteri Ida.

Ida juga memastikan bahwa begitu transfer of knowledge atau transfer pengetahuan telah selesai dilakukan, yang artinya sumber daya manusia (SDM) Indonesia sudah memiliki keahlian mengoperasikan kereta cepat maka pekerja China akan kembali ke negaranya.