Konjen Menyapa, Upaya Negara Hadir Lindungi WNI di Tengah Tingginya Kasus Covid-19 di AS

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 23 Juli 2020 - 10:15 WIB

INDUSTRY.co.id - Amerika Serikat – Tingginya angka kasus Covid-19 di Amerika Serikat (AS) membuat KJRI RI di Los Angeles terus bergerak melakukan proses pelindungan para WNI.

Hingga saat ini diketahui, Total kasus di AS mencapai 4,028,733 kasus positif, dengan korban meninggal mencapai 144,958 jiwa, sedangkan pasien sembuh tercatat 1,886,778 orang.

Untuk memantau kesehatan para WNI, KJRI LA secara rutin menyelenggarakan kegiatan “Konjen Menyapa" untuk melihat keadaan dan mendapatkan aspirasi masyarat/Diaspora Indonesia.

“Sejak awal pandemi COVID-19, KJRI Los Angeles secara rutin menyapa masyarakat/Diaspora dan mahasiswa Indonesia di Wilayah Kerja melalui platform virtual," ujar Juru Bicara KJRI Los Angeles, Ardian B. Nugroho melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Rabu (22/7/2020).

Pertemuan virtual ini juga dimanfaatkan untuk memberikan informasi mengenai kebijakan Pemerintah Indonesia dan Kantor Perwakilan RI selama masa pandemi.

Pada pertemuan daring tersebut, layanan Perpanjangan Paspor Drive Thru, kebijakan penerbitan visa/ijin tinggal bagi WN asing di Indonesia dan prosedur ketibaan WNI di pintu kedatangan di Indonesia di masa pandemi COVID-19 menjadi pokok bahasan utama.

Masyarakat dan mahasiswa Indonesia dari Arizona, California, Colorado, Hawaii, Nevada hingga Utah tercatat hadir dalam pertemuan daring tanggal 15 Juni 2020. Hal tersebut menunjukkan perlunya informasi mengenai kebijakan Pemerintah Indonesia dan Kantor Perwakilan Indonesia dalam menyikapi pandemi COVID-19 untuk terus didiseminasikan.