Mendag Agus: Kualitas Desain Produk Bakal Perkuat Daya Saing Ekspor Nasional

Oleh : Krishna Anindyo | Sabtu, 27 Juni 2020 - 10:30 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Melalui penjurian yang sangat ketat, rangkaian pelaksanaan Good Design Indonesia (GDI) menobatkan 27 produk meraih GDI 2020. Sebanyak 17 produk meraih predikat GDI Best dan 10 produk sebagai Good Design Indonesia.

Selain mendapatkan berbagai fasilitas dan penghargaan dari Kementerian Perdagangan, 17 karya GDI Best akan diboyong ke Jepang untuk diikutkan dalam ajang kompetisi desain internasional, Good Design Award atau G-Mark, yang diselenggarakan di Jepang. Selain itu, 17 karya tersebut juga sekaligus sebagai nominasi peraih gelar GDI of The Year yang akan diumumkan pada September 2020.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto sangat mengapresiasi karya desain para pemenang, yang dinilai spektakuler karena memiliki kekuatan pada konsep dan ide yang original, inovasi yang sangat tinggi, kualitas, fungsi, dan komersialitas.

GDI merupakan ajang penganugerahan berskala nasional bagi desainer dan pelaku usaha Indonesia, yang berhasil menciptakan karya desain produk kreatif, inovatif, dan memiliki nilai komersial tinggi di pasar lokal dan ekspor. Dalam visinya, GDI merupakan platform bagi desainer dan pelaku usaha lokal menuju pasar global. Penyelenggaraan GDI 2020 ini merupakan kegiatan tahunan yang sudah dilaksanakan ke-4 kalinya sejak 2017.

“Meski di masa pandemi, karya para pemenang terbukti memiliki kualitas yang sangat tinggi. Kualitas desain ini merupakan salah satu daya saing produkekspor nasional. Kita dan bangsa Indonesia harus bangga dengan karya-karya kreatif dan inovatif di ajang GDI ini,” ujar Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, sumber melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Jumat (26/6/2020).

“Karya-karya desain menjadi bagian penting bagi promosi produk buatan Indonesia di kancah perdagangan internasional. Presiden Joko Widodo selalu menekankan pentingnya produk buatan Indonesia. Produk dengan desain yang inovatif serta memiliki nilai komersial dapat membawa nama baik Indonesia di dunia internasional. Ajang GDI ini menggabungkan kekuatan kreativitas, inovasi, originalitas, fungsi, komersialitas, dan dampak sosial karena karya para pemenang juga sudah banyak yang diekspor ke berbagai negara di dunia,” ujar Kasan, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional.

Kasan juga menyatakan, penjurian GDI tahun ini sangat menantang. Penjurian dilakukan secara tatap muka langsung dan daring. Hal ini merupakan sesuatu yang baru dalam GDI. Penjurian kali ini melibatkan sembilan juri dari Indonesia dan satu juri dari Jepang.

“Tim Juri telah berjibaku menilai produk-produk yang hampir semuanya kita lihat produk yang sudah diekspor ke berbagai negara di dunia. Saya akui karya-karya ini memiliki kualitas prima, unik, inovatif sesuai perkembangan tren dan mempunyai potensi untuk ekspor. Beberapa produk juga merupakan pengembangan desain dari produk tahun sebelumnya, yang juga merupakan masukan para juri,” ungkap Direktur Pengembangan Produk Ekspor, Olvy Andrianita.

Mewakili Tim Juri, Olvy mengatakan, 2 nd screening untuk ajang G-Mark ke-64 yang mengikutsertakan 17 produk berpredikat GDI Best akan berlangsung 18--20 Agustus 2020, di Aichi Sky Expo, Jepang.

Sebanyak 17 karya finalis yang menyabet predikat GDI Best, yaitu Kain Wastra yang terdiri dari lima desain yaitu Panggal Moda, Polang-poleng, Cepuk, Rasukan, Udan Liris; Ratih-Anita; The Wave Collection; Kelopak 120; Rotap; Wening; Truntum Rotan; Two Face; Gricik Woven Shawl; Pandane; The Tripper Travel Guitar; Madai; Nara Stack Chair; JalanJajan; Mariana Boots; Kombu Tray; dan Alat Tulis Logam.

Sedangkan 10 produk yang dikategorikan sebagai Good Design Indonesia karena memperoleh nilai 80 ke atas yaitu Avara Custom AV3, Pala Abhisana, Excelsior 65L, Prefabricated Exhibition Booth Kalia, Suwung Magnolia Collection, Joglo Ayu Tenan Makerspace, Bunga Kertas Putih, Speaker Atif Pas 8C28, Fracture, dan Eboni Cakra.

Para pemenang penghargaan GDI 2020 akan memperoleh apresiasi dan fasilitasi dari Kementerian Perdagangan berupa sertifikat dari Menteri Perdagangan RI; penetrasi pasar seperti pameran dalam negeri bekerjasama dengan Alun Alun Grand Indonesia, M Bloc Space, Trade Expo Indonesia (TEI) 2021, dan Expo 2020 Dubai pada 2021; promosi melalui katalog pemenang GDI; penguatan jejaring (networking) dengan perwakilan dagang di Atase Perdagangan, Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) dan Kamar Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di seluruh dunia; serta berbagai kesempatan publikasi dari Kemendag.