Kerjasama TNI AD dan Pertamina, KASAD: Proyek Strategis Nasional Tak Boleh Gagal

Oleh : Hariyanto | Kamis, 11 Juni 2020 - 16:51 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pertamina (Persero) menargetkan proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap rampung pada tahun 2022.

Untuk mencapai hal itu, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan Pertamina perlu menjalin kerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) sebagai salah satu stakeholder perusahaan.

“Mulai dari pengamanan wilayah operasional Pertamina yang masuk dalam obyek vital nasional (obvitnas) hingga rencana penggunaan tanah milik TNI AD di kompleks teluk penyu, Cilacap, untuk keperluan pembangunan proyek,” kata Nicke pada pertemuan dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di Markas Besar Angkatan Darat (Mabes AD), Jakarta Pusat,  Rabu, (10/6/2020).

Untuk itu, ia berharap mendapat dukungan penuh dari TNI AD. “Dengan adanya sinergi ini, tujuan menjaga ketahanan energi nasional bisa tercapai,” ungkap Nicke.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menyatakan kesiapan seluruh jajarannya di matra Angkatan Darat. “Kita siap dukung penuh kegiatan operasional Pertamina, semaksimal mungkin,” singkatnya.

Lebih lanjut mantan Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) tersebut mengatakan bahwa proyek strategis nasional tidak boleh gagal.

“Investasi Pertamina ini kan nggak boleh gagal. Karena ini hubungannya dengan ketersediaan energi nasional, apalagi di 2026 produksi BBM harus 2 juta barel per hari,” pungkasnya.