Hotel Indonesia Group Gandeng PHRI Siapkan Standar Operational Hotel di Era New Normal

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 06 Juni 2020 - 11:53 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Hotel Indonesia Group bekerja sama dengan PHRI terapkan standar operasional prosedur di era New Normal.  Skenario New Normal yang diterapkan menjadi SOP baru merupakan bagian penting bangkitnya industri pariwisata dan perhotelan.

Hotel Indonesia Group yang merupakan hotel operator milik negara mengambil peran penting dalam mempersiapkan standard operasional yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada. Dari awal Hotel Indonesia Group telah mempersiapkan serangkaian SOP yang sesuai dengan kondisi masa ini. 

Qodie Ibrahim selaku CEO Hotel Indonesia Group memaparkan bahwa kami dari awal sudah mempersiapkan SOP untuk masa pandemic, recovery dan juga New Normal.

"SOP-SOP tersebut kami siapkan dikarenakan hotel-hotel yang kami operate masih beroperasi dan siap untuk mendukung pemerintah pusat ataupun daerah dalam menanggulangi COVID19," kata Qodie kepada INDUSTRY.co.id melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (6/6/2020).

Setelah ditunjuk sebagai koordinator untuk pemenuhan akomodasi untuk tenaga medis di Kota Jakarta, HIG juga membagikan SOP-SOP tersebut kesetiap hotel yang ditunjuk untuk menyediakan akomodasi bagi para tenaga medis.

SOP yang terbagi dalam 3 kategori waktu seperti SOP Pandemic HIT, Recovery dan New Normal mengacu pada ketentuan international WHO dan juga Dinas Kesehatan.

"SOP-SOP tersebut sudah dibagikan dan kami trainingkan ke hotel-hotel kami dan juga hotel-hotel lain, salah satunya hotel yang sudah menerapkan SOP kami adalah 14 unit milik  HOTEL INDONESIA NATOUR, Inaya Bay Komodo Labuan Bajo, Jatiluhur Valley and Resort dan Grand Inna Daira Palembang," kata Qodie.

Standar Operasional Prosedur yang kami buat memang bisa langsung diaplikasikan oleh hotel-hotel terkait mulai hotel bintang 3 hingga bintang 5, team memang membuat SOP tersebut sangat lengkap.

SOP tersebut mengatur banyak sekali protokol-protokol yang harus dilakukan mulai dari penjemputan tamu, pembersihan kamar, meeting rooms, persiapan makanan, hingga spa therapis semua sudah dijelaskan, terang Sugiri Rachmansyah Nugraha, Business Development Manager Hotel Indonesia Group.

"Penerapan SOP ini sangat penting bagi kita yang bekerja di industri perhotelan. Kalau biasanya hotel operator lain lebih memilih untuk tidak membagikan SOP mereka, kami malah memberikan SOP kami untuk bisa disesuaikan oleh PHRI dan dibagikan ke hotel-hotel yang lain. Bagi kami sebuah proses kolaborasi yang baik dan benar pasti bisa berdampak bagi bisnis perhotelan kedepan," tutupnya.