Wuih...Garuda, KAI, KS, PTPN dan Perumnas Disuntik Rp9,65 Triliun, Pemerintah: Ini Talangan Bukan PMN

Oleh : Candra Mata | Jumat, 05 Juni 2020 - 10:45 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Febrio Nathan Kacaribu, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan mengatakan Pemerintah akan menggelontorkan dana talangan kepada lima BUMN senilai Rp19,65 triliun agar dapat bertahan ditengah pandemi Covid-19.

"Dana talangan ini adalah working capital jangka pendek, tidak permanen. Talangan investasi adalah sesuatu yang akan kembali. Ini bukan PMN, bukan penambahan modal secara permanen," kata Febrio dalam video conference, Kamis (4/6) .

Adapun kelima BUMN yang bakal mendaoat talangan adalahpertama, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan nilai talangan Rp8,5 triliun. 

Kedua, PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan talangan mencapai Rp3,5 triliun. Ketiga adalah PT Perkebunan Nusantara (Persero) mendapat Rp4 triliun. 

Keempat PT Krakatau Steel(Persero) Tbk dapat talangan capai Rp3 triliun, dan terakhir kelima ialah Perum Perumnas dengan nilai talangan sebesar Rp650 miliar.

Perlu diketahui, hingga saat ini Pemerintah telah mengalokasikan dana hingga Rp52,27 triliun yang diberikan kepada 12 BUMN untuk penyertaan modal negara (PMN) yang tertuang dalam UU APBN 2020.