Bintara Marinir Sidoarjo Tingkatkan Ketahanan Pangan dengan Teknik Hidroponik

Oleh : Herry Barus | Senin, 25 Mei 2020 - 04:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Sidoarjo- Dalam rangka peningkatan ketahanan pangan, Bintara Tidur Dalam Yonif 3 Marinir bercocok tanam menggunakan teknik Hidroponik dan Aquaponik di Mess Bintara Yonif 3 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Sabtu (23/05/2020).

Kegiatan yang dipimpin Sertu Marinir Yudha Sanora tersebut yaitu bercocok tanam dengan teknik hidroponik dengan menanam tanaman jenis sayuran antara lain sawi, selada air dan kangkung dalam media paralon. Sedangkan teknik aquaponik yaitu mengembangkan tanaman dan ikan secara bersamaan dalam satu tempat atau wadah.

Sertu Marinir Yudha Sanora, menyampaikan bahwa teknik bercocok tanam hidroponik sangat mudah dan untuk hasil panen lebih cepat dari pada bercocok tanam menggunakan tanah.

 Sementara itu Danyonif 3 Marinir Letkol Marinir Eko Budi Prasetyo menyambut baik kegiatan yang dilakukan prajuritnya yaitu bercocok tanam dengan tekhnik hidroponik dan Aquaponik dengan memanfaatkan lahan terbatas yang ada di lingkungan Yonif 3 Marinir serta untuk meningkatkan persediaan bahan makanan dan menumbuhkan kepedulian prajurit terhadap lingkungan terkait ketahanan pangan saat pandemi Covid-19.

Letkol Marinir Eko Budi Prasetyo berharap ke depannya tanaman hidrophonik dan aquaponik tersebut dapat memberi manfaat bagi prajurit Yonif 3 Marinir dan bisa mengembangkan tanaman ini di lingkungan tempat tinggal prajurit sehingga dapat menghasilkan manfaat positif bagi pemenuhan gizi keluarga.