Tiga Penumpang Kedapatan Positif Covid-19, Kemenhub: KRL Commuter Line Akan Terus Beroperasi

Oleh : Candra Mata | Rabu, 06 Mei 2020 - 11:51 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Setelah melangsungkan tes swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR) untuk penumpang KRL Commuter Line rute Jakarta-Bogor, ditemukan adanya tiga orang yang terinfeksi positif Covid-19 Tanpa Gejala.

Menanggapi hal itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tetap memastikan KRL Commuter Line tetap beroperasi dengan protokol kesehatan yang harus tetap dijaga dan diutamakan.

Ditegaskan bahwa setiap penumpang harus diatur jaraknya agar tak berdekatan dengan memperhatikan batas duduk atau marka yang telah diberikan pihak Commuter Line.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menyampaikan, "Sesuai aturan, KRL tetap boleh beroperasi namun dengan pembatasan penumpang yang ketat. KRL tidak dihentikan operasinya, karena memperhatikan penumpang-penumpang yang sangat membutuhkanya seperti petugas medis, office boy, penjaga pom bensin, dan lainnya." tegas Adita, pada Selasa (5/5/2020).

Adita menambahkan, Kemenhub terus meminta PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) selaku operator KRL Jabodetabek untuk tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19. 

"Protokol tersebut terdapat dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18 tahun 2020," pungkasnya.