25 th Anniversary V-KOOL Indonesia

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 30 April 2020 - 11:17 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta –  V-Kool Indo Lestari, selaku distributor resmi kaca film merek V-Kool telah menginjak usia peraknya. 25 tahun sudah PT V-Kool Indo Lestari tumbuh dan berkembang menjadi distributor kaca film terbaik. Kiprahnya selama 25 tahun bukanlah waktu yang singkat dan bukanlah usaha yang mudah juga untuk menjadi yang terbaik.

Pada awalnya, V-Kool hanya menawarkan jenis kaca film bening, sementara kaca film murah yang sudah beredar terlebih dahulu di Indonesia rata-rata gelap. Meskipun bening, namun performa tolak panas V-Kool luar biasa. Hal inilah yang menyebabkan konsumen yang merasakan langsung terkesima. Dari sinilah "kaca film ajaib" diperkenalkan, bening tapi tahan panas.

Harga V-Kool waktu itu tahun 1995 yang 20 kali lipat kaca film di pasaran malah membuat konsumen ingin tahu mengenai keistimewaan apa yang ditawarkan V-Kool sehingga membuat harganya begitu mahal. Sebutan kaca film ajaib membuat orang bertanya-tanya dan penasaran. Karena keingintahuan dan rasa penasaran inilah yang membuat V-Kool akhirnya dikenal dan orang mulai membuktikan performa dan manfaat kaca film V-Kool dalam menolak panas.

Pada 1996, V-Kool mengikuti pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) di JCC, sebagai pameran pertama. "Kaca film ajaib" menjadi kunci utama untuk menggoda konsumen. Hasilnya sangat di luar ekspektasi. Untuk memberikan pengalaman kepada pengunjung V-Kool juga memebuat alat untuk demo yang sederhana, tapi bisa dirasakan oleh calon konsumen.

"Teknologi V-Kool adalah yang terbaik sampai saat ini. Pada saat itu kita juga belum ada kompetitor lain yang memasarkan kaca film solar control." ungkap Linda Widjaja selaku Vice President PT V-Kool Indah Lestari. Rabu (29/4/2020)

Perjalanan V-Kool tidak berarti tanpa kendala. Meski sukses di awal perjalanan, pemasaran kaca film mewah ini menghadapi ujian seperti ketika krisis moneter melanda Indonesia yang berdampak pada dunia otomotif. Namun halangan tersebut dapat diatasi dengan baik. V-Kool mulai berangsur pulih seiring membaiknya ekonomi Indonesia.

Kendala lain adalah kompetitor yang mulai berdatangan. Namun, V-Kool kemudian mampu dipercaya menjadi kaca film OEM (Original Equipment Manufacturing) dari beberapa brand otomotif di Indonesia.

"Kompetitor saai ini sudah sangat banyak. Jadi terus-menerus melakukan inovasi dan edukasi kepada pasar akan selalu kita lakukan. Dan karena secara teknologi kaca film V-Kool yang terbaik, kita mulai berfokus kepada branding, bukan ke arah fungsional lagi” ungkap Linda.

“V-Kool berkomitmen bahwa konsumen layak mendapatkan yang terbaik. Ini yang kita ingin tanamkan ke konsumen, bukan hanya produk tapi juga pelayanan dan merek” tutupnya.