Goodyear Kembangkan Konsep Ban yang Mampu Beregenerasi dan Beradaptasi, Seperti Apa?

Oleh : Hariyanto | Minggu, 15 Maret 2020 - 11:35 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Goodyear berhasil mengembangkan ban dengan konsep terbaru yakni “Goodyear recharge”, sebuah konsep ban yang di klaim mampu beradaptasi dan berubah untuk menyesuaikan kebutuhan setiap konsumennya.

Hal tersebut karena adanya bantuan dari “kapsul” yang dapat diganti sesuai dengan kebutuhan penggunaan dari ban Goodyear tersebut.

"Konsep ban reCharge ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan konsumen di seluruh dunia. Kami akan terus berkomitmen dan  berinovasi menghadirkan konsep ban yang siap digunakan di masa depan dengan mobilitas yang nyaman," kata Mike Rytokoski, Wakil Presiden dan Chief Marketing Officer Goodyear Eropa kepada INDUSTRY.co.id melalui keterangan resmi yang diterima, Minggu (15/3/2020).

Konsep reCharge ini mencakup sejumlah fitur inovatif yang memiliki tiga keutamaan yaitu pertama, Personalisasi,
Inti dari konsep reCharge adalah senyawa berupa cairan khusus yang dapat terurai secara alami dan dapat diisi ulang dengan menggunakan ‘kapsul’. Hal ini dapat menyederhanakan proses pada penggantian ban.

Melalui kapsul ini, tapak ban bisa beregenerasi dan beradaptasi dari waktu ke waktu untuk berbagai kondisi iklim, kondisi jalan, atau hanya sekedar bepergian. Berkat kecerdasan buatan, profil ban akan ditampilkan kepada pengemudi. Hal ini memudahkan pengemudi dalam memantau senyawa atau cairan khusus dalam ban.

Kedua, berkelanjutan. Senyawa itu sendiri akan dibuat dari bahan biologis dan akan diperkuat dengan serat laba-laba sutra (salah satu bahan alami terkuat di dunia) yang akan membuatnya mampu bertahan lama dan 100 persen dapat terurai secara alami.

Yang terakhir adalah proses pergantian ban yang  mudah dan sederhana. Kemudahan tambahan atas proses penggantian ban dengan kapsul isi ulang ini adalah, bahwa tapak ban akan didukung oleh karkas yang ringan, profil yang tinggi dan sempit. Konstruksi yang kuat, mudah perawatan dan tipis ini yang akan menepis semua kebutuhan untuk memelihara tekanan atau waktu tunda karena kebocoran.

“Goodyear reCharge adalah konsep ban bandel yang sangat mandiri, berdaya tahan lama dengan proses pergantian ban yang  mudah dan sederhana,” ungkap Sebastien Fontaine, Kepala Desainer di Goodyear Innovation Center di Luxembourg.