Bulan Sabit Merah Tepat Sebagai Simbol Lembaga Kemanusiaan

Oleh : Wiyanto | Jumat, 28 Februari 2020 - 07:55 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Lembaga kemanusiaan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) memakai simbol merah. Simbol warna merah sesuatu yang disukai oleh Rasulullah Saw.

Sejarawan, Ahmad Mansyur Suryanegar menyebutkan, tepat dan pantas BSMI menggunakan warna merah dan simbol bulan sabit yang melekat di BSMI.

"Bulan sabit digunakan kesultanan Aceh, dan nisan masyarakat. Lekat keseharian masyarakat," katanya dalam diskusi bertemakan “Jejak Bulan Sabit, dari Kesultanan hingga Lambang Kemanusiaan” di panggung utama Islamic Book Fair di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Kamis (27/2/2020).

Guru Besar UIN Jakarta Prof Sukron Kamil menjelaskan tentang bulan sabit, digunakan sebagai penanda dan itu dapat meresap ke pemikiran orang bahwa bukan sabit menjadi penanda lembaga kemanusian.

"Simbol bulan sabit bisa jadi penanda, sebagai hubungan dan icon," katanya.

Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) adalah sebuah organisasi yang bergerak dibidang kemanusiaan kemanusiaan

Penggunaan Lambang Bulan Sabit Merah sebagai simbol perhimpunan masyarakat penolong di Indonesia dimulai sejak 8 Juni 2002, bertepatan dengan didirikan dan diresmikannya Bulan Sabit Merah Indonesia oleh Ketua MUI KH Amidan di Gedung Pertemuan Kompleks Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta.