Cetak SDM Tangguh, Swiss German University Terapkan Kampus Merdeka

Oleh : Hariyanto | Kamis, 27 Februari 2020 - 18:55 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam rangka memperingati hari jadi yang ke-20 tahun, Swiss German University (SGU) menggelar Annual Media Gathering & Workshop 2020 yang dilengkapi dengan Talkshow bertajuk "Empowering Next Generation Professionally To Embrace the Digital Transformation Era".

Bertempat di HopeClat Kitchen & Tea Room, Gedung Permata Kuningan-Jakarta, peringatan ulang tahun ini juga dilengkapi dengan serangkaian program edukasi SGU yang beriringan dengan adanya tren transformasi digital yang memang telah dilakukan semenjak kampus didirikan.

Salah satu tren transformasi yang dilakukan adalah kebijakan Kampus Merdeka yang keempat, di mana SGU sebagai perguruan tinggi memberikan pelatihan kepada siswa untuk magang atau praktik kerja di industri atau organisasi sebagai “jam kegiatan” guna melatih mahasiswa untuk lebih siap menghadapi tantangan di dalam suatu perusahaan atau organisasi.

"SGU sebagai universitas internasional pertama di Indonesia sebenarnya telah mengaplikasikan kebijakan Kampus Merdeka sejak awal," kata Head of Public Relation Departement Swiss German University (SGU), Ratih Marini di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Sejak didirikan, SGU telah meluluskan mahasiswa S1 sebanyak 3.500 student, sementara lulusan S2 antara 600-700 alumni dalam bingkai didikan spirit kampus merdeka. Sediktnya 58 persen lulusan bekerja di perusahaan multinasional, nasional, dan internasional. Sisanya ada yang studi lanjut dan mendirikan usaha.

SGU memiliki program double degree di mana pelajarnya wajib untuk melakukan magang di dalam negeri ketika masuk ke dalam semester tiga. Selanjutnya magang dan melakukan kegiatan perkuliahan di luar negeri ketika memasuki semester enam. Hal itu menjadi salah satu bukti bahwa SGU telah menjadi terdepan dan mendukung kebijakan pemerintah.

Swiss German University (SGU) adalah Universitas Swasta yang disponsori oleh Yayasan Swiss German dan terletak di The Prominence Tower, Jalan Jalur Sutera Barat Kav 15, Alam Sutera, Panunggangan Tim, Pinang, Kota Tangerang, Banten 15143, Indonesia. Swiss German University didirikan pada tahun 2000 sebagai usaha bersama antara investor swasta dari Jerman dan Indonesia.