Kemenperin Catat Proyek Investasi Mencapai Rp527,5 Triliun Hingga Tahun 2020

Oleh : Ridwan | Kamis, 23 Maret 2017 - 18:58 WIB

INDUSTRY.co.idJakarta,Kementerian Perindustrian mencatat mulai tahun 2017-2020 akan ada 89 proyek investasi dengan nilai mencapai Rp527,5 triliun dan ditargetkan menyerap tenaga kerja sebanyak 544 ribu orang.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, sasaran utama pembangunan industri nasional pada tahun 2017, antara lain pertumbuhan industri pengolahan non-migas sekitar 5,4 persen dan peningkatan jumlah tenaga kerja sektor industri menjadi 16,3 juta orang.

Saat ini beberapa kawasan industri di Tanah Air telah siap diisi oleh investor dan didukung dengan fasilitas penunjang seperti pelabuhan dan infrastruktur lainnya ungkap Airlangga Hartarto di Jakarta (23/3/2017).

Kawasan industri yang telah siap diantaranya, Kawasan industri Sei Mangkei, Sumatera Utara yang difokuskan pada pengembangan oleokimia, Kawasan industri Dumai, Riau dan Kawasan industri Berau, Kalimantan Timur yang akan dibangun menjadi Palm Oil Green Economic Zone (POGEZ), serta kawasan industri Morowali, Sulawesi Tengah dan kawasan industri Konawe, Sulawesi Tenggara yang menjadi pusat pengembangan industri smelter berbasis nikel.

Dalam tiga tahun kedepan, kami juga akan mendorong percepatan pembangunan kawasan industri di Tanjung Buton, Tanah Kuning, Gresik, Kendal, dan Serang terang Menperin.

Hingga saat ini sebanyak 73 kawasan industri yang telah beroperasi di seluruh Indonesia. Fasilitas pengembangan kawasan industri ini menjadi salah satu langkah nyata untuk mewujudkan Indonesia sentris.