RS Awal Bros Group Gandeng Formaksi Terkait Fasilitas CoB BPJS Kesehatan

Oleh : Hariyanto | Selasa, 28 Januari 2020 - 16:10 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta –  Sebanyak sebelas perusahan asuransi yang tergabung dalam Forum Asuransi Kesehatan Indonesia (Formaksi) melakukan penandatanganan kerja sama dengan RS Awal Bros Group terkait fasilitas Coordination of Benefit (CoB) BPJS Kesehatan. 

Chief Operating Officer RS Awal Bros Group, Leona A. Karnali mengungkapkan, kesepakatan ini merupakan lanjutan kerja sama atau addendum dari kerja sama sebelumnya untuk layanan CoB BPJS. Adapun kerja sama yang terjadi adalah direct billing  antara masing-masing perusahaan asuransi dengan RS Awal Bros Group. 
“Jika para pasien memiliki Asuransi Kesehatan Tambahan (AKT) yang tergabung dalam 11 forum asuransi kesehatan, para pasien yang ingin naik kelas rawat inap di atas plafon kelas BPJS yang dimilikinya tidak perlu membayar kelebihan biaya akibat permintaan naik kelas rawat inap tersebut. Seluruh kelebihan biayanya akan ditagihkan ke AKT yang dimilikinya,” kata Leona A. Karnali di Jakarta, Selasa (28/1/2020).
Adapun perusahaan asuransi yang tergabung dalam forum asuransi kesehatan tersebut adalah ABDA, Allianz, Avrist, BNI, CAR, Equity, Lippo, MAG, Sinarmas, Sinarmas MSIG, dan Tugu Mandiri.
Leona mengatakan, kerja sama RS Awal Bros Group dengan Formaksi ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang seluas-luasnya kepada masyarakat, baik pengguna jaminan asuransi maupun BPJS. 
Kerja sama CoB asuransi ini akan membantu masyarakat yang ingin berobat menggunakan jaminan BPJS Kesehatan dengan pelayanan tambahan atau upgrade kelas BPJS Kesehatan. Kerja sama ini sejalan dengan Permenkes 51 tahun 2018 bahwa asuransi sebagai second payor dan BPJS Kesehatan sebagai penjamin pertama.
“Hanya rumah sakit - rumah sakit dengan kriteria tertentu yang dapat menjadi rumah sakit pilihan yang menyediakan fasilitas CoB ini," ungkap Leona. 
Adapun beberapa alasan RS Awal Bros terpilih menjadi salah satu rumah sakit yang dapat menyediakan fasilitas CoB ini adalah sebagai berikut:
1. RS Awal Bros Group merupakan rumah sakit yang mengutamakan mutu para pasien, termasuk para pasien BPJS kesehatan. Sebagai salah satu bentuk apresiasi dari BPJS Kesehatan, RS Awal Bros Group yang diwakili oleh RS Awal Bros Bekasi Barat memperoleh penghargaan dari BPJS Kesehatan karena telah mendukung program pemerintah dalam melayani masyarakat dengan jaminan BPJS Kesehatan.
2. RS Awal Bros Group merupakan rumah sakit dengan pertumbuhan yang cepat sebagai jejaring pelayanan kesehatan yang terkemuka dan berstandar international. Saat ini, RS Awal Bros Group telah memiliki empat belas rumah sakit yang keseluruhannya telah terakreditasi nasional oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dan empat dari empat belas rumah sakit telah terakreditasi internasional oleh Joint Commission International (JCI).
3. RS Awal Bros Group memiliki center of excelence dalam layanan Jantung dan Pembuluh Darah, Ibu dan Anak, Layanan Trauma, dan Kanker yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat.
Program kerja sama terkait dengan CoB ini akan terus kami sosialisasikan secara terarah dan terukur kepada para pasien sehingga para pasien dapat merasakan manfaat dari CoB ini secara menyeluruh. 
“Sosialisasi akan kami berikan dalam berbagai bentuk seperti seminar, event komunitas, atau edukasi langsung kepada pasien yang berkunjung ke rumah sakit,” tambahnya.
RS Awal Bros Group berkomitmen menjaga mutu bagi para pasien. Akreditasi KARS dan JCI merupakan salah satu bukti komitmen kami untuk memberikan pelayanan prima bagi para pasien. 
“Kami akan senantiasa mempertahankan akreditasi melalui standar mutu yang baik, mengikuti perkembangan zaman, dan memenuhi kebutuhan layanan kesehatan pasien,” pungkas Leona.