"Impor Ekspor" Antar Desa

Oleh : Ramadhan Subakti | Jumat, 20 Desember 2019 - 10:21 WIB

INDUSTRY.co.id - Desa yang berada di Indonesia dikelilingi potensi-potensi seperti sumberdaya alam, kebudayaan dan kearifan local yang istimewa. Ini akan berdampak terhadap  percepatan aktivitas perekonomian yang ada di wilayah setempat. 

Namun sulitnya akses informasi tentu menjadi hambatan yang dirasakan masyarakat tingkat Desa dalam mewujudkan hal tersebut. Pemerintah Daerah dalam hal ini perlu memanfaatkan keunggulan tersebut.

Menurut mahasiswa Universitas Presiden, Ramadhan Subakti Desa merupakan garda terdepan dalam membangun perekonomian di suatu wilayah dan memberikan kesempatan Perangkat Desa menjadi Pelaku Utama.

Salah satu strategi yang perlu dilakukan pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan pendapatan masyarakatnya yaitu dengan membuat layanan informasi berbasis technologi untuk diharapkan mampu memecahkan masalah-masalah social ekonomi masyarakat.

“Cara kerja technologi memerankan Desa sebagai penyedia layanan informasi dan distributor, bukan penyedia barang atau logistik. sedangkan masyarakat atau kelompok wiarausaha sebagai penyedia atau produsen”. ujar Mahasiswa Presiden tersebut. “seperti, desa tersebut penghasil lobster, bisa di Impor ke Desa yang memang basisnya Perkotaan”
 
Pendekatan selanjutnya diharapkan antar desa saling mendukung kebutuhan mendasar masyarakatnya. Baik itu tentang kebutuhan Premier Sandang, Pangan dan Papan maupun kebutuhan tersier masyarakat  bisa sampai dan diterima langsung tanpa membutuhkan waktu dan jarak tempuh yang terlalu jauh. 

Pemerintah daerah berusaha meramu startegi pemasarannya agar masyarakat menggunakan layanan tersebut agar Impor antar Desa ini tidak terjadi di satu wilayah saja.


Penulis : Ramadhan Subakti
Mahasiswa Jurusan MM. Tech. Universitas President