Survival ala McDonald

Oleh : Ramadhan Subakti | Kamis, 19 Desember 2019 - 15:37 WIB

INDUSTRY.co.id - Pertumbuhan ekonomi harus sebanding dengan minat pelanggan, inilah permasalahan yang dihadapi suatu perusahaan, peran kreativitas menjadi penentu maju atau mundurnya perusahaan. 

Membangun kehadiran merek/ konten apapun di satu venue bisnis merupakan Strategi Brand Development yang luar biasa. Dan itu sudah dilakukan oleh McDonald.
Lalu inovasi atau strategi apa saja yang sudah dilakukan perusahaan McDonald dalam mencapai konsistensi usahanya dalam kuliner?
1. Kopi, hampir semua orang hobby minum kopi. Makna yang terkandung dalam aktivitas minum kopi yang membuat semua orang sepakat menggemari minuman tersebut. Apalagi ketika hadirnya Sturbuck, semua masyarakat focus terhadap brand tersebut, mungkin dari situ McDonald membuat McCaffe.
2. Pemesanan Digital, pelanggan bisa melakukan akses pean melalui layar sentuh pada layanan pemesananan. Technologi ini sudah ada dalam beberapa restoran, dianggap mempercepat proses dan menghindari antrian di counter order.
3. Dunia Anak, mempromosikan brand kepada usia dini, dengan melalui penyediaan fasilitas taman bermain mini dengan dilengkapi permainan-permainan. Jauh dari itu, McDonald juga menyediakan pula souvenir anak-anak.
4. Akses Private, layanan go food atau grab food sudah merupakan layanan yang tersebar dan terluas yang dipakai masyarakat, mungkin dari situ McDonald membuat jalur khusus drive thru.
Nah itu dia, beberapa hal yang berkaitan inovasi McDonald dengan beradaptasi terhadap selera pelanggan yang berubah. Selain itu program inovasi tidak hanya menegakan konsistensi, namun dapat meningkatkan produktivitas. 
 
 
Penulis : Ramadhan Subakti 
Mahasiswa Jurusan MM. Tech. Universitas President