Hanwha Life Tekankan Pentingnya Ruang Publik Terbuka untuk Anak

Oleh : Fitrah Hullah | Selasa, 03 Desember 2019 - 18:59 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Aktivitas di ruang publik terbuka dapat meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak, sekaligus memiliki beragam manfaat positif dalam kehidupan keluarga. Demikian hasil survei yang diungkapkan oleh PT Hanwha Life Insurance Indonesia Hanwha Life, salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar asal Korea.

CEO Hanwha Life Insurance IndonesiaDavid Yeom, mengungkapkan, “Hanwha Life punya komitmen kuat untuk mendukung semakin banyak terciptanya ruang publik terbuka yang ramah anak, keluarga dan juga lingkungan. Kami melihat bagaimana ruang publik terbuka memiliki manfaat positif yang besar, terutama dalam hal psikologis bagi anak dan orang tua.”

Survei Hanwha Life bersama Wahana Visi Indonesia mengungkapkan, dengan adanya ruang terbuka:

  1. 9 dari 10 anak memiliki kegiatan positif pada waktu luang.
  2. 69% anak memiliki hubungan yang kuat dengan orang tua, atau meningkat 20%.
  3. 98% anak merasakan dukungan dari orang tua dan lingkungan, atau meningkat 11%.
  4. 22% orang tua tidak lagi membentak anak.
  5. 17% orang tua tidak lagi menggunakan kekerasan terhadap anak.

Adapun, survei dilakukan pada tahun 2018 kepada lebih dari 50 responden orang tua dan 200 anak usia 6-18 tahun di kawasan Jatinegara Kaum.

Sejalan dengan hasil survei di atas, menurut World Health Organization WHO aktivitas fisik memiliki manfaat yang sangat besar bagi anak-anak, mulai dari meningkatkan pertumbuhan tulang, otot dan sendi, mencegah obesitas, sampai memberikan kesempatan bagi anak untuk mengekspresikan diri, belajar berinteraksi sosial dan membangun rasa percaya diri.

Rencana kerja WHO tahun 2018-2030 berjudul “More Active People for a Healthier World” mengarahkan untuk meningkatkan akses ruang publik terbuka. Pasalnya, dunia terkena sindrom malas bergerak. Khusus untuk Indonesia, WHO mengungkapkan sebanyak 86,4% anak usia 11-17 tahun tidak melakukan aktivitas fisik lebih dari 1 jam setiap hari.

Melihat pentingnya aktivitas di ruang publik terbuka, tahun ini Hanwha Life membangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak RPTRA Anggrek Rawasari di Cempaka Putih, sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial CSR perusahaan. RPTRA Anggrek Rawasari berdiri di atas lahan seluas 1.500 meter persegi dan merupakan RPTRA ke-2 yang dibangun oleh Hanwha Life. Sebelumnya, Hanwha Life membangun RPTRA Jaka Teratai pada tahun 2017, dan akan membangun Taman Maju Bersama pada tahun 2020.

“Hanwha Life bekerja sama dengan World Vision Korea dan Wahana Visi Indonesia mendukung program ruang publik terbuka dari Pemerintah DKI Jakarta. Kami harap RPTRA Anggrek Rawasari dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar. RPTRA ini unik karena memadukan konsep RPTRA dan Taman Maju Bersama, dengan adanya fasilitas ramah lingkungan berupa sumur resapan air dan juga ikon air mancur.” tegas David dalam kegiatan CSR Forum Diskusi Bersama di RPTRA Anggrek Rawasari, Cempaka Putih.

National Director Wahana Visi Indonesia, Doseba Tua Sinay, menambahkan, “Kami mengapresiasi komitmen Hanwha Life dalam mewujudkan lebih banyak RPTRA bersama dengan Pemerintah DKI Jakarta. Tujuan Wahana Visi Indonesia adalah meningkatkan kehidupan yang lebih baik bagi anak-anak di sektor pendidikan, kesehatan dan perlindungan anak. Kami harap RPTRA Anggrek Rawasari dapat mendukung tumbuh kembang serta mengembangkan minat dan bakat anak. Masyarakat juga dapat menikmati manfaat lebih dari fasilitas yang ramah lingkungan.”