Jokowi: Pengadaan Barang/Jasa Harus Prioritaskan Produk Dalam Negeri

Oleh : Ridwan | Rabu, 06 November 2019 - 14:30 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan, belanja pengadaan barang/jasa harus memprioritaskan pada industri dalam negeri.

"Saya minta LKPP untuk memprioritaskan produk dalam negeri," kata Jokowi saat membuka Rakornas Pengadaan 2019 yang diselenggarakan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) di Jakarta, Rabu (6/11).

Dijelaskan Presiden Jokowi, harga murah bukan menjadi patokan utama, justru yang harus menjadi patokan utama yaitu produk lokal meskipun harganya sedikit lebih mahal.

"Harga murah jangan dijadikan patokan utama, produk lokal lah yang harus jadi patokan, dengan begitu akan membuka lapangan pekerjaan yang luas," terangnya.

Oleh karena itu, Jokowi meminta para UMKM ataupun IKM untuk segera memasukkan produknya ke dalam e-cataloge. 

"Saya juga meminta kepada LKPP jangan sampai mempersulit produk-produk dalam negeri untuk masuk ke e-cataloge, sehingga produk anak bangsa bisa berjaya di negeri sendiri," ungkap Jokowi.

Jokowi juga berjanji akan memberikan insentif khusus bagi UMKM atau IKM yang memasukan produknya ke dalam e-cataloge. 

"Permudah persyaratan agar UMKM dan IKM bisa masukan produknya ke e-cataloge. Jangan sampai kualitas itu menghambat, dan cek betul apakah produsen tersebut benar-benar produsen dalam negeri bukan hanya perantara," tutup Presiden Jokowi.