Inilah Pemicu Kampanye Hitam Terhadap Produk Kelapa Sawit Indonesia

Oleh : Hariyanto | Rabu, 15 Maret 2017 - 11:37 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Gencarnya kampanye negatif yang dilakukan oleh negara-negara Barat terhadap sawit negara Asia, khususnya Indonesia, karena adanya ketakutan dari pihak Eropa.

"Produk sawit dan turunannya atau Crude Palm Oil (CPO) asal negara Asia telah menekan keberadaan industri minyak nabati di Eropa dan Amerika Serikat. CPO asal Indonesia harganya lebih efisien dan turunannya banyak, dan ini menjadi ketakutan terbesar dari pihak Barat," kata Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Fadil Hasan di Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Menurut Fadil, negara-negara di Eropa dan Amerika Serikat ingin melindungi produknya dan tidak heran sering melakukan boikot atau pengetatan terhadap produk hasil olahan kelapa sawit dari Indonesia. Pemerintah juga meningkatkan produksi di sektor kelapa sawit

"Kenyataannya, CPO saat ini sudah sangat dominan dalam pangsa pasar minyak nabati dunia," ujar Fadil.

Fadil menambahkan, di tengah kepungan pemberitaan dan kampanye negatif dari pihak Barat terhadap sawit asal Indonesia, semua pihak harus bijak dalam melihat masalah ini.

"Kelapa sawit akan memiliki pengaruh yang besar. Untuk menggerus industri kelapa sawit asal Indonesia, negara Barat sengaja mengembuskan isu lingkungan untuk mencegat sawit karena kebutuhan akan CPO semakin besar," ujar Fadil. (Hry/ Imq)