Band ST12 Muncul Kembali Dengan Formasi Baru Bersama Firman Idol

Oleh : Amazon Dalimunthe | Sabtu, 12 Oktober 2019 - 08:27 WIB

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Band Asal kota Bandung yang kental dengan musik bernuansa Melayu, ST 12, setelah lama menghilang kini muncul kembali dengan formasi baru. Posisi Charly Van Houten sebaga vokalis utama digantikan oleh Firman Siagian. Firman sendiri merupakan jebolan ajang pencarian bakat di RCTI, Indonesian Idol dan sempat sukses sebagai solois lewat lagu “kehilangan”.

Sebelum memutuskan untuk memilih Frman, Pepep dan Indra, dua personl yang tersisa dari ST 12 sempat mengaudisi beberapa penyanyi pria untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Charly yang kini bersolo karir. Akhirnya pilihan jatuh ke Firman Siagian.

"Kebetulan dia berdarah Melayu. Dia berasal dari Tapanuli yang kental nuansa Melayunya. Sementara  kita sama-sama basic Melayu, sehingga saya nggak perlu kerja keras untuk menyatukan visi dan misi, dalam membentuk warna karakter yang sudah menjadi ciri khas ST12 selama ini," ujar Pepep yang merupakan pendiri ST12.

Firman Siagian pun mengaku sangat bahagia bisa bergabung dengan ST12. Mantan vokalis band The Fly ini mengatakan sudah ditawari sejak lama untuk berkolaborasi oleh Pepep."Kawan saya memberikan kepercayaan sebagai vokalis sebuah band pop Melayu besar di Indonesia itu sebuah kebanggaan buat saya. Gabungnya waktu itu 2019 sesudah Lebaran memang prosesnya cepat," kata Firman Siagian

"Jadi sebelumnya tahun 2014 Pepep sudah datang ke saya ngajak. Waktu itu semacam project featuring, tapi saya waktu itu baru jalani proyek solo. Jadi akhirnya waktu juga yang mempertemukan kita tahun ini, Pepep datang ke saya lagi. Saya langsung ok, ayo kita jalan," sambungnya lagi.

Salah satu yang membuat Firman juga mau bergabung adalah karena pada dasarnya ia memiliki gairah sebagai penyanyi band. “Sebelum saya ikut Indonesian Idol, saya sering membentuk grup band bersama teman teman. Jadi ketika Indonesian Idol itu coba coba jadi solois. Eh ternyata menang. Dan sekarang ada kesempatan gabung di ST 12 langsung saya ambil. Kebetulan karakter lagu lagunya cocok buat saya,” ujar Firman menambahkan.

Pembentukan ST12 versi baru ini pun ditandai dengan perilisan lagu repackage Kepingan Hati dalam album #ST12NafasBaru. Dengan begitu kini ST12 digawangi Firman Siagian (vokal), Pepep (drum) dan Indra (bass). (AMZ)