100 Peserta Posyandu Tingkatkan Kemampuan di Diskusi Atur Pola Hidup dan Makan

Oleh : Herry Barus | Minggu, 01 September 2019 - 11:45 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta–  Diabetus Melitus atau yang lebih sering dikenal dengan penyakit diabetes dapat pula diderita oleh anak. Hal tersebut dibenarkan oleh dr. Reinaldo Alexander, Sp.PD saat menyampaikan materi Health Talk pencegahan komplikasi dan kondisi penyakit diabetes.

Acara yang diadakan di Rumah Sakit Siloam Bekasi Sepanjang Jaya tersebut dihadiri lebih dari 100 orang kader posyandu Kelurahan Pengasinan dan Kelurahan Sepanjang Jaya.

Reinaldo Alexander menyatakan, diabetes terbagi menjadi 2 tipe yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 diderita oleh anak – anak yang disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan dan hanya dapat diobati dengan penyuntikan insulin kepada pasien. Sedangkan diabetes tipe 2 disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak teratur.

Apakah penyakit diabetes dapat sembuh? Menurut dr. Reinaldo Alexander, Sp.PD, menjawab tidak, namun dapat dicegah. Pencegahan penyakit diabetes dilakukan dengan berbagai cara, yaitu minum obat sesuai  anjuran dokter, menjaga berat badan agar tetap ideal, berolah raga rutin, kontrol gula darah tekanan darah dan kolesterol, berhenti merokok

Saat ini Rumah Sakit Siloam Bekasi Sepanjang Jaya melayani pasien rujukan BPJS dan tergolong dalam kategori rumah sakit tipe C. Hal tersebut disampaikan oleh dr. Albert Limanto selaku Hospital Director Rumah Sakit Siloam Bekasi Sepanjang Jaya.